Healthyzona

Rahasia Atasi Bosan saat Menekuni Hal Baru selama Liburan di Rumah Aja

Liburan sekolah kali ini terasa beda banget ya, Gaes? Boro-boro bisa hangout bareng teman, keluar rumah aja pasti udah dilarang sama orang tua. Supaya nggak cuma jadi “kaum rebahan”, nggak ada salahnya jika kamu explore hal-hal baru selama liburan. Bisa ngapain aja, kok! Mulai dari ikutan online course gratisan, baca buku, kolaborasi cover lagu bareng teman secara online, belajar masak, dan masih banyak lagi.

Ngelakuin hal-hal di atas kuncinya cuma satu, yaitu serius ngejalaninnya. Nah untuk berusaha konsisten, kamu harus bisa menghadapi tantangan utamanya–rasa bosan. Kalau udah bosan, pasti kamu jadi lebih sulit konsentrasi terus ujung-ujungnya jadi bete sendiri.
Hmmm.. Kalo kamu lagi ada di situasi ini, ada beberapa tips dan cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk hempaskan bosan dan bikin #MoodJadiOK lagi, intip yuk!

1. Sebelum mulai, relaksasi dulu
Supaya hati dan pikiranmu tetap fresh sebelum menekuni hal baru, sebaiknya relaksasi dulu, Gaes! Ada beberapa cara relaksasi sederhana yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya mandi. Yak, mandi bisa jadi salah satu cara ampuh untuk bikin #MoodJadiOK. Kamu bisa mandi dengan air panas dan memakai sabun Harmony. Varian sabun Harmony yang bisa kamu pilih adalah Lemon Citrus & Orange Satsuma. Aroma lemon dan jeruknya yang menyegarkan bisa bikin level mood kamu jadi meningkat.

2. Siapkan camilan
Selain mandi, kamu bisa coba siapkan cemilan favorit sebagai teman belajar hal-hal baru. Pilih camilan yang kamu suka, misalnya kukis, biskut, atau chips. Jangan lupa siapkan juga satu botol air putih supaya kamu tetap terhidrasi dan bisa berkonsentrasi secara maksimal. Bosan minum air putih? Ganti dengan secangkir kopi, susu hangat, atau teh. Anggap aja kamu lagi berada di kafe favorit. Hehe

3. Putar playlist yang bisa jadi moodbooster kamu
Setiap musik punya mood masing-masing, Gaes. Ada yang bikin gloomy, ada juga musik yang bikin happy dan semangat. Nah, supaya mood kamu bisa tetap terjaga selama menekuni hal baru, coba deh dengerin lagu-lagu yang bisa jadi moodbooster. Nggak perlu bingung cari lagunya, karena kamu bisa mencari playlist tersebut di aplikasi music streaming seperti Spotify, Joox, atau bahkan YouTube.

4. Cari lokasi di rumah yang memberikan suasana lain
Kalo bisanya kamu cuma rebahan di kamar, nggak ada salahnya lho mencoba suasana baru di bagian rumah lainnya. Misalnya di ruang tamu atau ruang keluarga. Kalo bisa, pilih ruangan yang punya akses jendela ke halaman rumah. Produktif menekuni hal baru sambil melihat hijaunya tanaman di halaman atau teras bisa bikin mood kamu jadi lebih OK dan pikiran tetap fresh.

5. Break dengan tidur singkat
Rasa bosan masih tetap menghampiri setelah kamu mencoba cara-cara di atas? Itu tandanya kamu harus break sejenak. Coba deh tidur siang selama 15-30 menit supaya energi dan produktivitas kamu meningkat. Menurut National Sleep Foundation, tidur siang selama 40 menit dapat meningkatkan produktivitas hingga 34% dan konsentrasi 100%, lho. Maksimal 40 menit lho ya, jangan sampai keenakan terus malah ketiduran.

See? Banyak kan, cara yang bisa kamu lakukan untuk hempaskan bosan saat menekuni hal-hal baru di rumah. Dengan menerapkan cara ini, kamu jadi bisa menjaga konsistensi saat explore hal-hal baru selama liburan. Tetap semangat bereksplorasi ya, Gaes!