Healthyzona

Supaya Nggak Cepat Habis, Ini 4 Cara Berfaedah Manfaatkan THR Lebaranmu

Selain untuk merayakan hari kemenangan, Lebaran pasti istimewa buatmu karena ada momen bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Raya) dari orang tua, om-tante, nenek-kakek, dan saudara-saudara yang lebih tua. Iya, kan? Ngaku aja deh!

Dari sebelum dapat THR, kamu mungkin sudah terbayang-bayang mau dihabiskan untuk apa. Eits, jangan buru-buru kalap belanja ya. Supaya THR lebih awet dan bermanfaat, kamu harus pintar mengaturnya. Caranya? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

1. Buat list dan pikir baik-baik soal barang yang mau kamu beli
Kalau emang ada barang yang udah pengen banget kamu beli, coba deh buat daftarnya dulu. Dari daftar tersebut, pikirkan lagi mana barang yang benar-benar kamu butuhkan dan apa manfaatnya untukmu. Coret daftar barang yang tidak kamu butuhkan.

Setelah bikin list-nya itu hitung berapa budget yang dibutuhkan untuk beli barang-barang tersebut. Jangan sampai total harga barang-barang yang ingin kamu beli tersebut berjumlah lebih dari 50% dari total THR yang sudah kamu kumpulkan, ya!

2. Ditabung atau titip ke orang tua
Jumlah uang THR biasanya lebih banyak dari uang saku biasa, jadi ini saat yang tepat untuk kamu menabung. Kalau biasanya kamu menabung dengan menitipkan uang pada orang tua atau menyimpan dalam celengan di rumah, saatnya kini mencoba memiliki rekening tabungan pribadi. Ada kok bank yang menyediakan fasilitas tabungan untuk pelajar. Kamu bisa mendaftar menggunakan Kartu Pelajar yang dimiliki.

Dengan adanya rekening ini, ke depannya kamu bisa menabung bukan dari uang THR saja. Tapi saat uang jajan yang disisihkan sudah banyak, bisa kamu masukkan dalam rekening tabungan ini.

3. Saling tukar kado dengan teman
Mumpung punya duit lebih, nggak ada salahnya dong berbagi dengan sahabat tercinta. Salah satunya adalah dengan bertukar kado. Kamu bisa membeli barang yang sangat diinginkan oleh sahabatmu kemudian bungkus dengan box atau kertas kado yang lucu. Jangan lupa juga untuk menyisipkan quotes atau pesan yang menyentuh. Ini bisa jadi salah satu cara sederhana untuk membuat persahabatan kalian jadi semakin erat.

4. Berbagi dengan yang lebih membutuhkan
Mumpung masih dekat dengan momen Lebaran, nggak ada salahnya kalau uang THR kamu disisihkan untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Nggak perlu banyak-banyak kok, kamu bisa menyisihkan uang Rp100 ribu untuk dibelikan nasi bungkus, kemudian bagikan kepada tukang becak, anak jalanan, atau orang lain yang membutuhkan. Berbagi nggak bakal bikin kamu kekurangan, kok! Dengan berbagi justru uangmu jadi lebih berkah dan bisa mendapatkan lebih banyak rejeki lagi.