Healthyzona

Mandi Bisa bikin #MoodJadiOK, Kok Bisa? Begini Penjelasannya!

Mandi, mungkin ini terlihat sebagai salah satu rutinitas dan kegiatan sederhana yang dilakukan tiap hari. Tapi tahu nggak sih Gaes, kalo ternyata mandi bisa membantu meningkatkan mood, menghilangkan kecemasan, dan membantu mengatasi depresi.

Seorang novelis bernama Sylvia Plath yang sedang berjuang menghadapi depresi membenarkan sebuah penemuan yang disebutkan oleh newscientist.com bahwa mandi di sore hari dengan air hangat secara teratur dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa meningkatkan suhu tubuh orang yang depresi (yaitu dengan mandi air hangat) dapat membantu memperkuat serta mensinkronkan ritme sirkadian mereka, fluktuasi harian dalam perilaku, dan biokimia yang mempengaruhi setiap organ kita, termasuk otak.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak dan cepat. Ini karena mandi air hangat membantu melebarkan pembuluh darah di kulit, yang membantu tubuh membuang kelebihan panas. Hal ini berlaku jika kamu menjaga suhu ruangan yang ideal sekitar 18 derajat celcius.

Neil Morris, seorang psikologis mengungkapkan kalo mandi memberi kesempatan kamu untuk menghentikan momen selama beberapa menit dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh air hujan. Kemudian Dr. John Harcup, ketua Komite Penasihat Medis untuk British Spa Foundation menyebutkan jika dengan berendam dalam air panas, memberimu kondisi seolah sedang ada di dalam rahim seorang ibu sehingga memberikan efek menenangkan dan menghibur. Sementara itu, dalam sebuah artikel yang diterbitkan di PsychologyToday.com, Peter Bongiorno, ND, LAc menjelaskan bahwa mandi bahkan dapat menyebabkan perubahan kimiawi di otak.

Tips mandi untuk bikin #MoodJadiOK

Setelah baca fakta penelitian di atas, ada beberapa tips mandi yang bisa bikin kamu mendapatkan efek positif seperti penelitian di atas nih, Gaes. Coba buktikan sendiri, ya!

1. Pilih waktu yang tepat
Tentukan waktu yang pas kapan kamu harus relaksasi sambil mandi air hangat, misalnya di hari yang santai saat kegiatan kamu nggak banyak.

2. Pastikan suhu air hangat sesuai.
Untuk remaja atau dewasa, idealnya suhu harus mencapai 40 sampai 45 derajat celcius dengan suhu ruangan 25 derajat celcius. Kombinasi ajaib ini akan meningkatkan suhu tubuh dengan cara yang nyaman, karena berkurangnya tekanan dingin dari lingkungan luar.

3. Mandi pakai sabun Harmony, Gaes!
Ada beberapa varian sabun Harmony yang bisa kamu pilih. Kalo kamu ingin #ImproveYourMood, bisa pilih sabun Harmony varian Apple Fuji & Melon Honeydew. Tapi, kalo kamu pengen #RefreshYourMood, varian Lemon Citrus & Orange Satsuma dengan aroma yang fresh bisa jadi pilihan. Nah, kalo kamu pengen relaksasi yang menenangkan, coba aja pakai varian Strawberry Alpine & Grape Sparkling yang punya efek #RelaxYourMood.

Oiya Gaes, selama mandi dengan air hangat lebih baik kalo kamu mematikan lampu dan memakai cahaya lilin. Kamu bisa nyalakan lilin aromaterapi dengan aroma khusus. Lilin ini bisa bantu merilis melatonin yang bisa bikin #MoodJadiOK dan badan jadi lebih rileks.