Jangan Charge Ponselmu Disembarang Tempat!

Selain bisa mencharge ponsel di kendaraan, saat ini kamu juga bisa mencharge ponsel di beberapa tempat umum dengan sangat nyaman.

Bahkan di beberapa tempat publik saat ini sudah menyediakan colokan untuk mengisi daya baterai ponsel secara gratis. Selain berupa colokan, juga menyediakan port USB untuk mencharge.

Meski sangat membantu, tapi kamu pun sebaiknya berhati-hati sebab semakin canggih perkembangan teknologi maka semakin rentan juga kejahatan cyber yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Dan berikut adalah beberapa tempat umum yang sebaiknya patut kamu waspadai ketika mencharge ponsel.

Kafe

Buat kamu yang hobi banget nongkrong di kafe dan terbiasa men-charge ponselmu begitu saja, sebaiknya mulai sekarang berhati-hati. Soalnya penjahat siber mampu membaca dan menyalin data ponsel menggunakan alat yang dipasang secara tersembunyi di antara port USB charger gratis dan colokan listrik kafe.

Terminal Bus atau Kereta Api

Salah satu pencurian data juga bisa dilakukan dengan memodifikasi port USB charger di stasiun pengisian baterai. Selain bisa mengisi daya baterai, charger tersebut nyatanya juga bisa mencuri data dari ponsel pengguna.

Bandara

Di bandara biasanya disediakan stasiun baterai ponsel secara gratis. Para pengguna biasanya akan meninggalkan ponsel yang sedang dicharge begitu saja.

Padahal hal tersebut bisa berbahaya, karena kelalaian pemilik ponsel bisa dimanfaatkan oleh orang jahat seperti pencurian.

Tempat Wisata

Sama seperti di terminal maupun stasiun kereta api, di tempat wisata juga terdapat tempat untuk men-charger ponsel biar nggak gampang mati ketika sedang asyik bersenang-senang bersama keluarga maupun teman.

Di tempat wisata ini bisa saja ponsel yang sedang dicharge disalahgunakan dengan diakses microphone dan kamera sehingga bisa merekam pembicaraan dan hal tertentu tanpa seizin mu.

Mall

Di mall tempat charger sudah menjamur banget, bahkan tersedia di setiap sudut-sudut.

Nah, buat kamu yang terbiasa mencharge ponsel di mall, sebaiknya berhati-hati, sebab tempat ini membuat seluruh data di ponselmu bisa terkirim ke orang yang ingin berbuat jahat.