Cara Atasi Bibir Kering Saat Puasa

Selain kulit kering, kondisi bibir kering juga menjadi salah satu keluhan orang-orang yang sedang berpuasa. Kurangnya supan makanan dan minuman saat puasa membuat permukaan kulit bibir menjadi kering, bahkan pecah-pecah.

Untuk mengatasi dan mencegah masalah bibir kering dan pecah-pecah saat berpuasa, sebaiknya lakukan cara berikut ini:

Lakukan scrub atau lulur bibir

Scrub atau lulur bibir berfungsi mengeksfoliasi atau mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Lakukan kegiatan ini dengan menggunakan produk scrub khusus bibir.

Bisa juga menggunakan sikat gigi, caranya basahi bibir dengan air hangat dan gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut.

Gunakan lip balm

Bibir kering bisa kamu atasi dengan menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Kamu bisa menggunakan lip balm yang mengandung minyak alami dan SPF untuk mengurangi terjadinya bibir kering.

Jangan basahi bibir dengan air liur

Membasahi bibir dengan air liur akan membuat bibir lebih cepat kering. Memang awalnya terlihat segar dan basah, tapi setelah beberapa menit bibir akan menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Konsumsi madu saat sahur dan berbuka

Madu adalah bahan alami yang efektif untuk atasi bibir kering dan pecah-pecah. Selain memakannya, kamu bisa mengoleskan madu pada bibir. Oleskan sebelum tidur dan gunakan kembali saat makan selesai.

Penuhi kebutuhan cairan

Saat puasa, asupan cairan tubuh berkurang. Oleh karena itu penuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa dengan rajin mengonsumsi buah dan sayur.