Manfaat Kopi Untuk Menghilangkan Kulit Kusam

Selain rasanya yang nikmat, kopi terkenal memiliki segudang manfaat baik untuk kulit. Kandungan antioksidan, zat polifenol, dan flavonoid pada kopi bisa memberikan manfaat mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, meredakan inflamasi, memperhalus, bahkan meringankan penyakit kulit rosacea.

Bagi kamu yang ingin menggunakan kopi sebagai lulur atau masker untuk menyingkirkan kulit kusam, ini dia beberapa tipsnya:

Kopi hitam dan madu

Madu memiliki khasiat untuk kulit. Madu yang kaya akan vitamin C bisa membantu mencerahkan kulit dan menjaga elastisitasnya.

Untuk membuatnya sebagai masker, cukup siapkan 2 sdm bubuk kopi dan 2 sdm madu, aduk rata sampai menjadi pasta, balurkan pada bagian tubuh secara merata dan diamkan sampai masker mengering, dan bilas menggunakan air hangat.

Kopi dan air mawar

Kopi hitam dan air mawar bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit yang kusam secara alami. Sebab, air mawar bermanfaat untuk mengangkat kotoran di kulit, dan mengontrol minyak,

Cara membuatnya, campurkan bubuk kopi dengan air mawar perbandingan 2:2. Aduk masker sampai menjadi pasta, lalu balurkan pada kulit yang kusam secara merata dan diamkan sampai 30 menit.

Kopi dan minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal berkhasiat untuk kecantikan. Sebab, minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari penuaan dini.

Bagi kamu yang ingin memutihkan kulit, kamu bisa mencampur bubuk kopi dan minyak zaitun sebagai lulur.

Caranya, campurkan kopi dan 3 sdm minyak zaitun, campur kedua bahan tersebut sampai jadi pasta, lalu oleskan pada bagian kulit yang kusam. Diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.