Manfaat Ampas Tomat Untuk Kulit

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Tomat dengan warna beragam mulai dari merah, kuning, dan hijau, nyatanya memiliki kandungan yang berguna untuk kecantikan kulit.

Kandungan dalam buah tomat meliputi solanin, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, biflavonoid, protein, lemak, gula, adenine, trigonelin, kolin, tomatin, mineral, vitamin (B1, 2, B6, C, E, niasin), histamin, dan likopen.

Selain buahnya yang nikmat untuk dikonsumsi, ampas tomat pun masih memiliki kandungan manfaat terutama untuk kulit tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan, vitamin A, C, dan E yang berkhasiat melembabkan kulit, mengurangi kandungan minyak, menutrisi kulit, serta mencerahkan kulit yang kusam.

Untuk melihat hasil nyata, kamu bisa menjadikan ampas tomat sebagai masker secara rutin.

Cara 1

Kamu bisa menghaluskankannya, lalu peras airnya, setelah itu gunakan ampas tomat ke seluruh bagian wajah maupun tubuh sebagai masker. Tunggu sampai beberapa menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Cara 2

Ambil satu buah tomat, perasan air jeruk, dan oatmeal. Blender buah tomat dan campurkan dengan jeruk nipis serta oatmeal. Olweskan pada tubuh dan wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit sampai kering. Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Cara 3

Ambil stau buah tomat dan mad. Haluskan tomat terlebih dahulu, peras airnya. Kemudian campurkan madu, aduk sampai rata. Setelah itu bisa oleskan pada tubuh maupun wajah secara merata dan tunggu selama 15 menit. Lalu bilas dengan air sampai bersih.