Cara Tepat Rawat Kulit Sensitif Agar Tetap Sehat dan Cantik

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan. Biasanya kulit sensitif akan sangat mudah bereaksi pada saat pemakaian kosmetik, sabun, sampo, atau lotion yang tidak cocok pada kulit.

Kondisi kulit sensitif juga akan memburuk saat terpapar udara panas maupun kering. Hal yang bisa dirasakan misalnya saja gatal, perih, atau tersengat.

Penyebab lain kulit sensitif adalah terlalu sering berganti produk dan perawatan kulit yang berlebihan. Sering berganti produk terus-menerus dan terlalu sering melakukan pengelupasan kulit mati pun bisa merusak pertahanan kulit, bukannya membangun perlindungan yang kuat untuk kulit.

Oleh karena itu, kamu dengan kulit sensitif disarankan bisa melakukan beberapa perawatan pribadi, seperti merawat kulit dan memerhatikan barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Misalnya detergen, produk dengan kandungan alkohol, dan sebagainya.

Selain itu, kamu pun bisa melakukan berbagai cara perawatan berikut ini:

Pembersih wajah

Kulit sensitif itu harus dibersihkan secara teratur dengan produk pembersih khusus. Untuk mencegah timbulnya iritasi, carilah produk yang mengandung bahan-bahan alami yang dapat memberi efek menenangkan bagi kulit. Misalnya lidah buaya, vitamin E, dan lain sebagainya.

Pelembap

Pelembap bisa mebantu mengurangi risiko iritas dan memperkuat fungsi penghalang kulit pada orang yang memiliki kulit sensitif. Tapi, kamu pun harus tetap teliti dalam memilih pelembap yang ada di pasaran, terutama pada kandungan kimia di dalamnya.

Gunakan pelembap tanpa pewangi dan tidak menyebabkan alergi. Cari tahu zar dan senyawa kimia mana yang menimbulkan reaksi pada kulit dan catat dalam daftar belanja sehingga kamu bisa menyeleksi produk kecantikan mana yang baik untuk kulit sensitif.

Tabir Surya

Bagi kamu dengan kulit sensitif, penting untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Cara terbaik untuk memmilih jenis tabir surya adalah yang mengandung titanium dioxie dan zinc dioxie. Mengapa? sebab kedua kandungan tersebut mampu memfilter UVA dan UVB.