Healthyzona

Kamu Suka Rock, Pop, atau EDM? Cek Bagaimana Musik Mempengaruhi Semangatmu

Dengerin musik sambil olahraga ibarat menggabungkan dua kegiatan positif sekaligus. Kamu tahu gak Friends, kenapa saat kamu lagi bad mood, lemas, atau capek, bisa aktif bergerak lagi setelah dengerin musik? 

Ini Lho, Efek Positif Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

Sebuah studi berjudul “Cerebral effects of music during isometric exercise: An MRI study” yang dipublikasikan di International Journal of Psychophysiology menyimpulkan, musik memang bawa efek positif pada otak. Studi dilakukan bersama 19 orang dewasa sehat. Mereka diminta untuk melakukan 30 set latihan olahraga dengan memegang sebuah alat. 

Hasilnya, otak menunjukkan reaksi yang menarik, Friends. Gyrus frontal kiri bawah (bagian otak yang memproses berbagai informasi), terlihat aktif merespons musik yang dimainkan. Semakin aktif bagian ini, semakin sedikit peserta yang kelelahan. 

Banyak orang memainkan musik rock, pop, dan EDM saat olahraga. Ketiga genre musik ini bisa populer karena enak didengerin di segala suasana dan ngajak aktif bergerak. Kenali lebih jauh soal musik-musik ini yuk!

Musik Rock

Musik cadas identik sama fans cowok, tapi banyak juga cewek penikmat musik ini. Musik rock memiliki irama yang khas dari gitar listrik bernada rendah hingga nada tinggi. Tapi ciri khas rock gak hanya dari gitar listrik. Perpaduan drum dan bass turut membuat lagu-lagu bergenre rock asyik didengar.

Kalau ngomongin asal mula musik rock bakal panjang banget nih, Friends. Pasalnya, musik ini sudah menggema sejak lama dan punya banyak subgenre, seperti indie rock, garage-rock, dan punk rock.

Di Indonesia, festival musik rock udah sering digelar setiap tahun, salah satunya Java Rockin’Land, yang sering juga ditemukan bersama festival musik multi genre, seperti Soundrenaline, Synchronize Fest, dan Hodgepodge Superfest. 

Musik Pop

Soal popularitas, musik pop jangan ditanya. Mungkin hampir semua anak muda di seluruh dunia menyimpan musik pop di playlist digital mereka. Pop, singkatan dari popular, merupakan genre musik yang memiliki daya tarik luas dan biasanya didistribusikan melalui industri musik. Musik populer ini adalah istilah umum untuk musik segala usia yang masuk sebagai selera populer. 

Musik pop diterima di Indonesia sejak orde baru dan meraih perhatian banyak fans. Koes Plus termasuk band yang berhasil membawa musik pop jadi terkenal hingga kini. Sama seperti musik rock, pop juga melahirkan banyak subgenre. Yang baru-baru ini diminati para remaja sampai dewasa adalah dream pop. 

Pada dasarnya, dream pop dari musik pop modern yang bernuansa vintage dengan gabungan ambient pop dan neo-psychedelia yang terkenal di era 80-an. Musisi yang mempopulerkan genre ini antara lain The Neighborhood, Cigarettes After Sex, dan Grimes.

Electronic Dance Music (EDM)

Genre musik satu ini punya range penggemar yang besar juga. Mulai dari remaja sampai dewasa. Bahkan, survei Nielsen menyimpulkan bahwa mayoritas pendengar musik ini adalah milenial. Gak heran sih ya, mengingat dentuman musik EDM yang upbeat bisa mengusir suntuk pas didengerin sambil ngerjain tugas.

Sebenarnya musik EDM bukan genre baru. Teknologi bikin musik ini menjadi kekinian. Perbedaan dasar music EDM itu dilihat dari Beats Per Minute (BPM), variasi dari synthesizer, dan melodi. Variasi musik EDM juga banyak, makanya bisa cocok didengerin siapa aja dan bawaannya pengen aktif bergerak sehingga tidak terasa badan udah keringetan aja, Friends! Kalau sudah berkeringat biasanya terasa ga enak di badan, nah kita saranin kamu mandi pakai sabun anti bakteri supaya tetap bersih dan badan segar kembali. Jadi kalian bisa lanjutin denger playlist EDM kamu yang lainnya Friends.

Mulai dari House Music (James “Jack Rabbit” Martin, Calvin Harris), Trance (Van Buuren, BT, Above & Beyond, Neelix), Dubstep (Skrillex, Knife Party), Drum & Bass (Sub Focus, Goldie, Wilkinson), sampai Techno (Adam Bayer, Carl Cox dan Richie Hawtin).

Festival musik EDM selalu ramai didatangi anak muda, salah satunya Djakarta Warehouse Project. Di DWP, para penonton bisa menyaksikan secara langsung gimana para DJ kelas dunia memainkan lagu hits mereka. Dan yang pasti, gak cuma menikmati lagu, tapi #SeriusBergerak mengikuti tempo EDM yang energik itu.So, mana musik yang gak pernah gagal bikin kamu semangat aktif bergerak?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *