Healthyzona

Tips Sukses Kuliah Online dan Segarkan Badan setelah Belajar Seharian

Yang lagi kuliah online, masih semangat kan? Kuliah online mengundang pro dan kontra. Di satu sisi, interaksi langsung berkurang dan belajar juga rasanya gak seefektif kalau hadir di kelas. Apalagi kalau koneksi internet di rumah kurang memadai.

Di lain sisi, ini sejalan sama pertumbuhan sistem Pendidikan Jarak Jauh atau Online Learning yang fokus untuk mempersiapkan SDM Indonesia menghadapi tantangan era revolusi 4.0 berbasis teknologi.

Bagaimana pun, pendidikan tetap harus lancar, Friends. Jangan kasih kendor motivasi belajar gara-gara lebih asyik rebahan. Ikuti tips ala Medicare berikut ini.

1. Cari waktu dan tempat yang nyaman
Setiap orang punya karakter belajar masing-masing. Ada yang lebih suka belajar sendirian di kamar, ada yang lebih suka di luar ruangan. Ada yang lebih konsentrasi kalau belajarnya malam hari, ada yang lebih fokus kalau hari masih terang. Kamu cocokkan aja dengan kepribadian supaya mood bagus saat belajar. Semakin bagus mood, semakin mudah juga pelajaran dicerna.

2. Bangun support system
Walaupun belajar online berarti belajar mandiri, kamu tetap harus punya support system, Friends. Misalnya, ajak teman untuk belajar bareng atau gabung dengan kelompok belajar yang sudah ada. Kamu bisa berdiskusi untuk memperdalam materi kuliah atau kerjain tugas bareng. Yang gak kalah penting, mintalah dukungan orang tua agar semangat dan memberi ruang untuk belajar.

3. Sering-sering Mengulang Materi Kuliah
Bukan rahasia lagi kalau rajin baca-baca ulang materi akan membantumu menguasai materi yang baru dipelajari. Gak ada gunanya hanya mengendapkan materi pelajaran tanpa diulas. Kamu bisa tanya-jawab dengan teman belajarmu atau mencari referensi luar terkait materi yang lagi kamu pelajari. Misalnya, tonton video tutorial atau browsing artikel tentang materi yang belum dipahami.

4. Olahraga Sebelum Belajar
Bukan gak mungkin kalau kamu tiba-tiba ngantuk atau lemas di tengah belajar online. Siapkan stamina walaupun cuma di depan laptop/PC supaya konsentrasi lebih baik. Cobalah sebelum mulai kuliah, sempatkan olahraga simpel, yang penting aktif bergerak.

Pikiran Stuck, padahal Lagi Dikejar Deadline Tugas? Segarkan Pikiranmu dengan Mandi

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine, mandi air dingin membantu melatih saraf agar tahan terhadap stres dan meningkatkan fokus. Selain itu, studi di jurnal PLOS One menyebutkan bahwa asupan energi saat mandi hampir sama dengan energi dari kafein. Darah akan terpompa cepat ke seluruh tubuh dan detak jantung meningkat, membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.

Ritual mandi kamu akan lebih sehat dengan sabun antiseptik Medicare. Meskipun ini sabun anti bakteri, Medicare gak mengandung TCC dan triclosan yang ada di sabun berlabel antiseptik, Friends. Aman buat kulit yang punya alergi sekalipun. 

Ditambah lagi, sabun Medicare Lemon punya ekstrak buah lemon yang punya segudang manfaat baik untuk kesehatan kulit. Jadi, gak usah khawatir mau aktif bergerak. Segarkan tubuh dengan sabun Medicare!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *