Healthyzona

Hidup di New Normal: Skill Penting yang Kamu Perlukan

New normal, istilah terkini yang diberikan untuk cara hidup baru akibat pandemi Covid-19. Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal dengan ditambah protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. 

Semenjak sekolah, kampus, dan tempat hangout ditutup untuk umum, cara bersosialisasi pun dialihkan menjadi serba-online. Sisi baiknya, orang-orang terutama anak muda jadi lebih perhatian pada kesehatan dan lebih kreatif. 

Gak bisa dimungkiri, dari new normal muncul pula kebiasaan baru yang bikin betah rebahan. Tapi, jangan dibiarin deh kebiasaan-kebiasaan yang bikin kamu gak aktif bergerak. Saking banyaknya waktu luang, kamu mungkin lupa kalau waktu ini bisa dimanfaatkan untuk belajar skill baru yang akan berguna di masa depan. 

Skill tersebut antara lain di bidang nutrisi, fitness, dan teknologi. Kenapa skill ini perlu? Simak pembahasannya berikut.

Menjadi “Googling Master” yang Jago Coding Sederhana

Karena di rumah aja, otomatis aktivitas online meningkat. Ssst, sadar gak kalau Googling bisa jadi skill yang kamu perlukan di bidang teknologi digital? Istilah ‘gak ada kerjaan’ gak akan berlaku karena kamu bisa sibuk dari Googling saja.

Kamu bisa mencari solusi semua masalah hanya dengan buka Chrome di hp atau gadget lain dan memasukkan beberapa kata kunci di Google. Banyak banget yang bisa kamu pelajari seputar dunia digital. Misalnya, cara bikin website gratis, jualan online dan cara promosinya di socmed, dan banyak lagi. 

Selain itu, sedari sekarang anak muda mesti tahu ilmu coding, minimal sederhana. Skill ini membantu kamu memiliki pola pemikiran yang praktis, tapi tepat sasaran. Di internet tersedia sumber gratis untuk belajar coding, seperti HTML dan Python.

Belajar Masak Sendiri. Siapa Tahu Berkembang Jadi Bisnis Kuliner!

Kalau biasanya kamu makan di restoran untuk kulineran, di era new normal kamu gak bisa lagi makan di tempat. Pilihannya antara take away, pesan delivery, atau masak sendiri. Di masa seperti ini, sehat gak cuma didapatkan dari olahraga, tapi juga dari makanan bernutrisi. 

Cowok-cowok sekalipun perlu pintar memasak. Gak perlu muluk sejago Gordon Ramsay dulu. Sesekali, coba resep memasak camilan enak yang sehat. Atau, bereksperimen untuk membuat resep baru yang bisa kamu share ke netizen. Siapa tahu resep kamu ini bisa dipatenkan menjadi bisnis kuliner. Ide bagus kan?

Challenge Diri Sendiri dengan Menguasai Olahraga Baru

Supaya imunitas tubuh bekerja dengan baik, kamu butuh aktif bergerak, Friends. Dimulai dari olahraga rutin setiap hari. Bukan gak mungkin kamu bosan dengan jenis olahraga yang begitu-gitu aja. Jadi, cobalah menemukan jenis olahraga yang baru. 

Misalnya, kalau selama ini kamu hanya suka lari (kardio), selingi dengan latihan kekuatan (sit up, push up, pull up, squat, dan sebagainya) atau angkat beban (dumbbell, barbel). Selain tubuh menjadi lebih kuat, lebih sehat juga tentunya.

Adaptasi dengan hidup new normal butuh proses, Friends. Selalu ada sesuatu yang baru kok untuk dipelajari. Yang penting, enjoy serta hindari stres berlebih.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *