Tetap Aman Berolahraga di Tengah Paparan Polusi

Kota besar selalu identik dengan polusi udara yang tinggi. Jika seseorang secara teratur melakukan olahraga di daerah yang memiliki polusi udara, maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Racun seperti karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, serta ozon permukaan tanah bisa menyebabkan penyakit pernapasan bahkan kanker.

Agar olahraga menjadi sehat, sebaiknya kamu ketahui waktu aman atau pas untuk olah tubuh. Kamu bisa mulai olahraga di pagi hari pukul 5 pagi, dimana lalu lintas belum ramai.

Bahkan para pelari profesional biasa lari pukul setengah 4 sampai setengah 6 saat udara masih segar. Strategi memilih waktu yang tepat merupakan solusi bagi kamu yang ingin berolahraga di luar ruangan dengan aman.

Selain pemilihan waktu yang tepat, cobalah untuk menjauh dari jalan-jalan yang penuh kendaraan atau asap industri. Kamu bisa memilih jalan kecil dengan lalu lintas yang lebih sedikit. Taman dan kawasan hijau bisa menjadi pilihan ideal, sebab pohon-pohon di sekitarnya bisa membantu menyaring polusi udara.

Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan masker saat lari atau bersepeda. Secara teknis masker bisa menyaring sekitar 95 persen dari semua partikel polusi. Tapi harus diperhatikan, masker yang digunakan haruslah pas.

Masker harus pas sehingga udara tidak akan bocor. Tetapi kebanyakan orang enggan menggunakan masker, sebab membuat panas dan berkeringat, bahkan membuat sulit bernapas.