Kapan Waktu Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan?

Tak hanya mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, kalau kamu mau berat badan cepat turun, kamu juga perlu mengetahui waktu terbaik untuk olahraga. Dilansir dari beberapa penelitian, waktu olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Terlebih jika dilakukan sebelum waktu sarapan.

Berolahraga sebelum sarapan bisa membakar 20% lemak tubuh lebih banyak. Sebelum sarapan, perut kamu masih kosong sehingga hal ini bisa mendukung pembakaran lemak yang lebih banyak. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan.

Jika kamu berolahraga sebelum makan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Hormon insulin akan bekerja lebih sensitif sehingga lebih efektif membantu menyerap nutrisi dari makanan yang lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan hati. Kondisi kadar gula yang stabil tersebut membuat kamu cepat lapar sehingga tidak akan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga kamu jadi lebih optimal.

 Bahkan, sebuah studi terbaru menunjukan bahwa orang yang berolahraga di bawah sinar matahari selama dua jam cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal. Selain itu juga mampu mengola berat badan disbanding dengan orang yang tidak mendapat cahaya alami. Selain lebih efektif menurunkan berat badan dan bikin tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari juga bisa memberi banyak energi untuk tubuh.

Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh dan tidak bisa melakukan olahraga di wkatu lainnya. Pada dasarnya, berolahraga di pagi, siang, sore atau bahkan malam sama saja, dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali.

Jadi, selamat mencoba dan merasakan manfaatnya..