Healthyzona

Kreasi Layangan Unik

Friends, masih ingat dengan viralnya layangan kuntilanak beberapa waktu lalu? Serem, tapi membuktikan kalau kreativitas benar-benar tanpa batas. Bahkan, setuju atau enggak, variasi semacam itu bikin layangan naik daun kembali di 2020 ini. Selain bisa dikreasi menjadi banyak bentuk, main layangan bisa jadi bentuk olahraga yang fun. Kok bisa? Simak ulasannya berikut ini.

Layang-layang, Bukan Sekadar Permainan Lintas Generasi

Kamu mungkin masih ingat, jaman dulu bentuk layangan begitu-gitu aja. Namun, di tengah pandemi warga semakin kreatif. Ini menunjukkan kalau layangan gak cuma seru dimainin anak-anak, tapi juga anak muda kayak kamu, Friends!

Naiknya popularitas layangan tahun ini gak jauh-jauh dari peran platform social media. Lihat aja di YouTube dan Instagram, banyak akun memposting tentang layangan atau lagi main layangan. 

Layangan Miss K contohnya, muncul di YouTube Alviand Miracle bulan lalu dan sudah ditonton lebih dari 1,7 juta kali. Lain lagi YouTuber Yudist Ardhana yang juga buat video naikin layangan besar, salah satunya layangan 2,5 meter yang sudah ditonton 3,9 juta kali.

Di Indonesia sendiri, layang-layang punya banyak penggemar dan sangat dihargai. Buktinya, permainan ini udah diperkenalkan sedari kecil dan bermunculan pula komunitasnya. 

Kamu pasti tahu Museum Layang-Layang di Jl. H. Kamang, Pondok Labu, yang melestarikan budaya layang-layang ini. Setiap tahun juga digelar International Kite Festival yang dihadiri peserta dari berbagai negara. Tahun ini, festival digelar di Gujarat, India, dimana layangan dari Pulau Bali dan Yogyakarta jadi pusat perhatian.

Talikama (Perkumpulan Pegiat Layang-Layang Nusantara) merupakan komunitas layang-layang yang aktif mempopulerkan layang-layang. Disusul LeGong Kite Society yang beranggota lebih dari 100 orang. Jadi, buat kamu yang mulai tertarik sama layangan, bisa join komunitas tersebut.

Main Layangan Bisa Jadi Olahraga Aman Dilakukan di Tengah Pandemi, Lho!

Percaya gak, main tarik-ulur tali layangan sama dengan aktivitas yang bikin kamu aktif bergerak? Percaya dong ya! Coba aja main layangan pertama kali. Tentu paling seru kalau main layangan bareng di area terbuka yang gak berdekatan dengan tiang listrik, semisal lapangan bola.

Ternyata main layangan gak sekadar pandai nerbangin layangan tinggi-tinggi. Kalau kamu main layangan sama teman–alias ngadu layangan–pun butuh strategi supaya senar layang-layang gak cepat putus.

Selain itu, main layangan juga butuh angin yang tepat supaya si layangan bisa terbang tinggi dan aman bagi pemain. Itulah kenapa permainan ini cocok dilakukan dalam variasi olahraga fisik kamu. 

Kalau biasanya olahraga outdoor, kayak main basket, bersepeda, dan sepakbola butuh kontak fisik, main layangan dijamin aman karena kamu bisa jauh-jauhan sama partner, tapi ingat friends! Meskipun main layangan merupakan olahraga yang aman dan safety di musim pandemi korona, bukan berarti badan kamu bebas bakteri friends!, karena bakteri hadir di setiap saat apalagi setelah beraktivitas diluar ruangan. Kamu bisa bersihkan tubuh kamu dengan Sabun proteksi serius anti bakteri Medicare karena sabun ini dapat memproteksi tubuh kamu dari bakteri secara serius. Selain itu tetap utamakan safety dengan menggunakan masker dan sarung tangan.

Gimana Friends, jadi pengin main layangan kan habis ini? 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *