Healthyzona

Tetap Bersih dan Bisa Olahraga di Luar

Selama masa pandemi, olahraga jadi gaya hidup yang disarankan banget demi menjaga imunitas tubuh. Di awal pandemi, kamu mungkin sering menghabiskan waktu hingga sejam untuk olahraga di rumah aja.

Namun, sekarang aktivitas outdoor kayak olahraga mulai diperbolehkan nih, Friends. Buktinya, sudah ada surat edaran pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (No. 6.11.1 Tahun 2020 Tentang Protokol Kesehatan Pencegahan Penularanan COVID-19 pada kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan). 

Pada surat edaran tersebut, beberapa kegiatan olahraga di luar sudah bisa dilakukan kembali, tapi dengan berbagai syarat. Apa aktivitas olahraga di luar yang kamu kangenin? Basket, sepakbola, atau berenang? Terkait aktivitas fisik macam ini, kamu harus tahu beberapa kiat amannya. 

Tips Aman Saat Olahraga di Luar selama Pandemi

Persiapan untuk Basket dan Sepakbola

Olahraga yang satu ini kelihatannya agak tricky untuk menerapkan jaga jarak, tapi bisa banget kok dilakukan asalkan mematuhi protokol kesehatan. Antara lain, kamu harus cuci tangan dan pakai masker sebelum masuk lapangan. Yang juga gak kalah penting, jangan dulu jabat tangan, berangkulan, dan sebagainya untuk selebrasi. 

Pastikan Tubuh Lagi Fit Sebelum Ajak Teman Olahraga Bareng

Satu hal yang harus kamu ingat, kalau mau olahraga bareng teman, pastikan kamu dan temanmu dalam keadaan sehat. Jadi, lebih baik gak usah outdoor dulu kalau lagi kurang fit. 

Bawa Perlengkapan Olahraga Sendiri

Dulu mungkin kamu nyaman aja pinjam-pinjaman barang ke teman atau menggunakan fasilitas yang disediakan di arena olahraga. Tapi, sekarang kamu butuh prevensi lebih jika olahraga di luar. Bawalah handuk, botol minuman, dan peralatan mandi sendiri. 

Persiapan untuk Berenang

Berenang menyegarkan banget dilakukan, apalagi kalau hawa cuaca lagi gerah. Ada kabar baik buat penggemar renang. Dilansir dari situs WHO, berenang aman saja jika kamu di kolam renang yang rutin dibersihkan dan mengandung klorin dalam jumlah tepat. Sebab, klorinasi air sebesar 15 mg/liter cukup untuk membunuh segala jenis virus.

Namun, hindari sebisa mungkin tempat renang umum yang ramai ya Friends, termasuk di ruang ganti dan fasilitas lain. Selain itu, jaga jarak minimal 1 meter di area kolam renang juga wajib diterapkan terutama dengan orang yang lagi bersin-bersin atau batuk. Pakailah masker saat kamu gak lagi berenang. 

Mandi dengan Medicare Sabun Anti Bakteri

Yang gak kalah penting sebelum berangkat adalah mandi, Friends. Terutama mandi pakai sabun yang non-triclosan seperti Medicare sabun anti bakteri

Ngaku deh, pasti ada aja dari kamu yang malas mandi sebelum berkegiatan. Padahal, mandi sebelum beraktivitas sangat disarankan lho, Friends. Mandi air dingin diketahui mampu membangkitkan energi dan meningkatkan performa olahraga hingga 7 persen. Sirkulasi darah pun jadi lebih lancar, bikin badan segar.

Untuk melindungi sekaligus menyegarkan badan selagi mandi, siapin Medicare sabun anti bakteri. Kandungan dalam sabun anti bakteri kamu nantinya bakal berfungsi seperti shield yang senantiasa melindungi kulit selama berkegiatan. 

Setelah selesai olahraga, luangkan waktu sebentar untuk menormalkan suhu tubuh dan melemaskan otot. Tapi, jangan kelamaan ya, Friends! Kamu harus mandi lagi pakai Medicare sabun anti bakteri yang efektif angkat semua kotoran di badan. Ditambah, badan kembali segar dan wangi.

Kalau kamu nekat membiarkan keringat nempel seharian, kuman bahkan bakteri pembawa virus bisa betah di tubuh kamu. Gak mau kan sakit gara-gara malas mandi doang? 

Makanya, jangan malas mandi sebelum dan setelah aktif bergerak di mana pun. Jangan khawatir, Medicare sabun anti bakteri andalanmu bakal bantu jaga kesehatan kulit setiap saat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *