Healthyzona

Yakin, Lo Pake Maskernya Udah Bener?

Era new normal nuntut lo buat hidup berdampingan dengan Covid-19. Kerja udah mulai aktif, sektor bisnis udah mulai jalan, intinya masyarakat Indonesia udah mulai kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Balik ke aktivitas normal tandanya lo harus selalu pakai masker saat ada di luar rumah. Tapi, udah yakin kalau cara pakai masker lo bener, Friends? Kalau belum yakin, coba cocokin dengan step by step pakai masker yang benar menurut Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di bawah ini.

1. Bersihkan Tangan 

Sebelum lo pakai masker, sebaiknya cuci tangan pakai sabun mandi dan air mengalir minimal selama 20 detik. Kalau tidak ada air, lo bisa pakai cairan pembersih tangan dengan minimal kandungan alkohol 60%.

2. Masker Harus Menutupi Hidung dan Mulut

Pasang masker dengan posisi menutup mulut dan hidung. Pastiin gak ada sela antara wajah dan masker yang bisa jadi celah masuknya virus.

3. Jangan Sentuh Masker Saat Digunakan

Saat pakai masker, usahakan jangan sentuh bagian maskernya, kalau masker lo tersentuh tangan yang gak bersih, bakal ada kemungkinan virus yang nempel di tangan bakal pindah ke masker. Usahakan cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer sebelum menyentuh masker.

4. Rutin Ganti Masker

Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker yang baru. Kalau lo pakai masker medis, inget ya cuma boleh dipakai satu kali dan pastiin kalau kondisi tali serta masker dalam keadaan baik. Masker dari bahan kain katun adalah jenis masker yang bisa dipakai berkali-kali. Kalau punya masker kain katun, lo kudu rajin-rajin cuci ya!

Setelah cocokin cara pakai masker di atas, lo juga kudu perhatiin jenis masker yang bakal dipakai. Dikutip dari tirto.id, menurut Dokter Spesialis Paru di Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta, dr. Siswanto, lo sebaiknya pakai masker kain dengan minimal 2 lapis.

Ada penelitian yang menyebutkan kalau masker kain dua lapis paling efektif. Satu lapis dari kain katun, lapisan lainnya bisa digabung dengan kain flanel dan dilapisi lagi pakai tissue. Dengan pakai masker kain minimal 2 lapis atau 3 lapis bisa berikan efek elektrostatis yang menghalangi virus dihirup oleh hidung. Lo juga dihimbau supaya gak pakai masker scuba dan buff. Dua jenis masker ini cuma punya satu lapisan dan gak efektif cegah penularan virus Covid-19.

Bukan cuma cara pakai masker aja yang kudu bener. Lo juga kudu tahu gimana cara menjaga supaya masker kain lo tetap steril.

Cara Cuci Masker Kain yang Benar

1. Rendam masker kain pakai air panas

Pertama-tama, siapkan wadah isi air panas dengan suhu 50–60°C. Air panas ini fungsinya buat bunuh kuman dan penyakit yang nempel di kain. Tambahkan deterjen di dalam air panas, rendam masker kain selama 5 menit. Kucek pelan sampai kotoran hilang.

2. Bilas dan jemur masker

Sudah dikucek yang bersih? Bilas masker dengan air mengalir. Bilas sampai busa atau sisa deterjen di masker hilang. Selanjutnya jemur masker di bawah sinar matahari untuk membunuh sisa-sisa mikroorganisme jahat yang mungkin masih menempel pada masker kain.

3. Setrika masker

Bukan cuma baju aja yang disetrika. Sebelum dipakai, masker kain juga perlu disetrika dengan suhu panas supaya kuman, bakteri, atau virus nggak nempel di permukaan kain.

 

Selain pakai masker, jangan lupa juga patuhi protokol kesehatan, Friends! Harus rajin cuci tangan pakai sabun dan terapkan social distancing.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *