Healthyzona

Olahraga Anti Mainstream yang Wajib Lo Coba

Olahraga apa yang sering Lo lakukan bareng teman kalau lagi kumpul, sepak bola, futsal, baseball? Meski emang fun dan bikin aktif bergerak, gak ada salahnya Lo ganti suasana dengan mencoba alternatif olahraga baru. Misalnya, olahraga tradisional kayak di bawah ini.

 

Kasti

Kasti udah diajarin mulai dari SD. Sekilas olahraga ini mirip baseball yang menggunakan tongkat pukul dan beberapa base untuk dilewati. Bedanya ada di beberapa hal, antara lain teknik permainan, bahan bola yang digunakan, dan lapangannya.

 

Egrang

Enggrang atau egrang termasuk salah satu cabang olahraga tradisional yang dilombakan pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas). Olahraga satu ini emang unik dan challenging banget karena Lo harus berlatih menyeimbangkan badan. Bahkan, tau gak Friends, egrang dijadiin sports exhibition saat HUT Kulon Progo 2018 dan sejak itu dimanfaatin untuk pertandingan antarsekolah. Peraturannya kayak futsal, tapi pemainnya wajib pakai baju tradisional Jawa selama pertandingan. Seru kan?

 

Sepak Takraw

Olahraga sepak takraw bisa dibilang seru juga, Friends. Kalo Lo bosan main voli atau sepak bola, sepak takraw bisa jadi alternatif. Cara mainnya merupakan kombinasi sepak bola dan voli karena dibatasi net. Tapi, Lo hanya boleh menggunakan kaki selama permainan. Dijamin deh kalo main sepak takraw skill sepak bola Lo jadi makin jago.

 

Pencak Silat

Olahraga satu ini udah terkenal se-Asia Tenggara, bahkan ke mancanegara karena muncul di beberapa film Hollywood macam John Wick 3. Olahraga klasik Nusantara ini gak cuma asik dipraktekin sebagai seni bela diri, tapi juga bikin tubuh lebih fit. Gerakan-gerakannya khas dan butuh pelatihan serius. Kalau Lo pengen aktif bergerak dengan pencak silat, Lo bisa gabung di komunitas pencak silat atau cari pembimbing.

 

Tarik Tambang

Siapa nih yang sering menang lomba tarik tambang pas perayaan 17 Agustus? Tarik tambang bukan sekadar event lomba tahunan atau ajang kuat-kuatan lho. Olahraga ini mengajarkan kerja sama antar anggota tim sekaligus mengolah kebugaran tubuh Lo. Makanya, jangan heran kalau mau menang tarik tambang, lo harus latihan fisik beberapa hari sebelumnya, seperti push up, back up, squat, dan hill.

 

Lompat Batu

Lompat batu atau fahombo adalah olahraga sekaligus tradisi khas Suku Nias yang mempergunakan benteng batu setinggi 2 meter. Di Nias, olahraga ini dijadikan tradisi turun-temurun sebagai tanda kedewasaan anak laki-laki. Tantangannya, tangan gak boleh sama sekali menyentuh batu. So, udah pasti butuh latihan serius dan ketangkasan agar berhasil meloncati batunya.

 

Karapan Sapi

Konon olahraga karapan sapi diciptakan petani untuk nunjukin kemampuan sapi bajak sawah. Gak heran kalau untuk memenangkan pertandingan karapan sapi, Lo harus lihai mengendalikan si sapi. Olahraga khas Madura, Jawa Timur, ini sampai sekarang masih sering diperlombakan setiap September dan Oktober. Satu tim terdiri dari 2 ekor sapi yang menarik kereta kayu berpenumpang sejauh 100 meter. Yang pertama mencapai finish adalah pemenangnya.

 

Tuh, banyak kan olahraga anti-mainstream di Indonesia yang bisa Lo coba? Olahraga apa pun yang Lo lakukan, selalu bersihkan diri setelahnya pakai sabun Medicare anti bakteri. Formula zero bacteria-nya bakal bikin tubuh Lo segar lagi pasca-berkeringat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *