Healthyzona

Punya Bakat Terpendam? Bisa Ningkatin Kesehatan Mental Friends!

Social distancing dalam waktu lama ini bisa bikin lo jadi gampang stress yang berdampak ke kesehatan mental. Makanya lo disaranin buat ngelakuin aktivitas yang menyenangkan di rumah. Salah satunya nyalurin bakat seni. Kegiatan seni bisa bantu ningkatin kesehatan mental, Friends!

 

Lo bisa nyalurin bakat seni dalam bentuk ngelukis, gambar, ngisi jurnal, dekor rumah, dancing, singing, dan masih banyak lagi. Menurut Dr. Gregory Nawalanic Pys.D., psikolog di University of Kansas. Lebih detailnya, nih manfaat seni buat kesehatan mental lo!

 

Seni Bantu Menenangkan SIstem Saraf

Menurut terapis seni Cassie Hamrick, ATR LCMHC, setiap kegiatan kreatif bisa jadi salah satu bentuk terapi. Aktivitas yang berbau seni udah terbukti bisa membantu mengatur sistem saraf karena keterlibatan pikiran dan tubuh.

 

Waktu lo menggambar, tubuh lo refleks untuk pegang pensil dan ngarahin gerakan tangan untuk mulai berkreasi. Gerakan yang terfokus ini lah yang bisa bantu aktifin sayap parasimpatis, yang mana adalah sistem saraf di tubuh lo yang ngirim sinyal menenangkan ke otak. Proses ini yang bikin lo tenang dan fokus saat menggambar atau waktu nyusun chord gitar.

 

Seni Bantu Menghilangkan Rasa Kesepian 

Laporan dari World Health Organization (WHO) tahun 2019 lalu menemukan bahwa berlatih seni bisa bantu lo ngatur dan ngatasin emosi. Selain itu, seni juga bisa bantu lo ngatasin rasa kesepian. Buat lo yang suka ngerasa feel lonely, cobain aja beli coloring book for adult dan belajar teknik mewarnai. Dijamin nanti bakal nggak ngerasa kesepian lagi.

Seni Ningkatin Harga Diri dan Redain Depresi

Dalam jurnal yang diterbitin oleh American Journal of Public Health tahun 2010, ditemukan bahwa melakukan aktivitas artistik bisa ningkatin kedamaian dan percaya diri. Mengurangi stress, meredakan gejala kecemasan, dan depresi. So, buat lo yang gampang stress, gak ada salahnya mulai switch ke hobi yang punya unsur seni.

 

Seni Bisa Memotivasi, Friends!

Apapun hobi seni yang lo lakuin, bisa memberikan motivasi. Seni bisa kasih orang sesuatu yang dinanti-nanti setiap hari dan prestasi baru buat dirayain. Menurut Dr. Nawalanic, lo bisa netapin tujuan buat pertumbuhan personality lo dengan belajar memainkan instrumen atau nambahin daftar lagu baru buat belajar instrumennya.

 

Jadi Media Pelarian yang Positif

Menurut psikoterapis Karen Koenig, LCSW, M.Ed., seni bisa buat pelarian juga. “Ketika kombinasi antara hati, pikiran, dan tubuh benar-benar terlibat pada tingkat yang dalam, kita masuk ke kondisi yang melampaui kenyataan,” kata Karen Koenig.

 

Pelarian bisa sangat ngebantu siapa aja yang ngerasa bener-bener terkurung. Pelarian lewat seni bisa bantu lo mengkalibrasi ulang dan bikin perasaan jadi lebih lega.

 

Apapun Hobi Seni yang Lo Pilih, Pastikan Tangan Lo Punya Proteksi Serius Antibakteri!

Di masa pandemi COVID-19, cuci tangan jadi aktivitas yang wajib banget lo lakuin. Soalnya cuci tangan selama 20 detik bisa mencegah lo dari kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Apapun hobi seni yang lo pilih, pastiin buat selalu cuci tangan setelahnya pakai sabun proteksi serius antibakteri, Medicare Hand Wash. Formula ZeBact100-nya (zero bacteria) udah dilengkapin moisturizer supaya tangan lo nggak cepet kering setelah cuci tangan. Lo bisa dapetin Medicare Hand Wash melalui Medicare official store di marketplace favorit lo.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *