Healthyzona

Bepergian dengan Kendaraan Pribadi Bukan Berarti Aman Loh!

Pandemi COVID-19 bikin banyak orang milih buat bepergian pakai mobil pribadi. Lo termasuk gak? Bepergian pakai mobil pribadi emang bisa meminimalisir penyebaran virus COVID-19, tapi bukan berarti lo bakal selalu aman.

 

Ikutin tips ini supaya mobilitas lo pakai mobil pribadi aman dari COVID-19!

 

1. Bersihin Komponen Mobil yang Sering Lo Pegang

Ada beberapa spot di dalam mobil yang bisa jadi tempat favorit virus buat bersarang, yaitu komponen yang sering lo pegang. Misalnya: setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, dan sabuk pengaman.

 

Sebagai pemilik mobil, lo kudu rajin-rajin bersihin komponen tersebut. Eits, tapi lo nggak bisa bersihin sembarangan ya, Friends! Bersihin komponen mobil pakai alat pembersih yang sesuai. Misal nih, lo mau bersihin setir mobil berbahan kulit, gunakan alat pembersih kulit khusus supaya komponen mobil lo gak cepet rusak.

 

Mau yang praktis? Campur air plus sabun, kemudian gunakan sikat gigi buat gosok-gosok komponen mobil yang sering lo pegang, setelah itu di lap bersih dengan kain microfiber.

 

2. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyetir

Cuci tangan sesudah dan sebelum nyetir adalah hal yang wajib lo lakuin buat meminimalisir potensi terinfeksi virus COVID-19. Lo tau kan kalo tangan adalah bagian tubuh yang paling rentan jadi perantara perpindahan virus COVID-19?

 

3. Bawa Hand Sanitizer

Selain cuci tangan sebelum dan sesudah nyetir, jangan lupa bawa hand sanitizer kemanapun lo pergi. Kalo perlu siapin Medicare Hand Sanitizer khusus di dalam mobil buat jaga-jaga waktu lo lupa bawa hand sanitizer di dalam tas. Medicare Hand Sanitizer mengandung 75% alkohol food grade, ampuh lindungin lo dari serangan kuman, bakteri, dan virus. Meskipun kandungan alkoholnya tinggi, lo gak perlu takut tangan bakal kering. Soalnya Medicare Hand Sanitizer ada ekstrak pelembabnya. Pilih varian favorit lo, yang Red, Blue, atau Yellow!

 

4. Pakai Masker

Sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta dan himbauan presiden, lo harus pakai masker saat ada di luar rumah. Termasuk waktu lo ngendarain mobil. Di pasal 18 ayat 4 Pergub DKI tentang Pelaksanaan PSBB, disebutin kalo setiap pengendara mobil yang bepergian dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok atau aktivitas lain bisa pakai masker kain atau masker medis.

 

5. Jaga Kesehatan Tubuh 

Meski virus COVID-19 belum ada obatnya, lo tetap kudu jaga kesehatan fisik. Rajin olahraga, dan minum vitamin C buat jaga sistem imun tubuh, Friends!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *