Healthyzona

Gak Cuma Duit Air Juga Perlu Dihemat

Punya kebiasaan lupa matiin bak mandi waktu air penuh, atau suka beli botol minum plastik? Kalo iya, lo kudu baca artikel ini sampai habis!

 

World Water Forum memprediksi pada tahun 2025 nanti bakal banyak penduduk dunia termasuk Indonesia diprediksi bakal lebih sulit dapetin air bersih. Horor banget! Soalnya semua aktivitas kehidupan kita butuh air bersih.

 

Makanya mulai sekarang lo kudu sadar pentingnya hemat air dalam kehidupan sehari-hari. Nggak mau kan hidup di masa depan minim air kayak di film-film sci-fi? Yuk, mulai sekarang belajar menghemat air dengan cara ini!

 

Matikan Keran Air

Gosok gigi, cuci tangan, atau cuci piring adalah hal yang sepele. Tapi kalo kamu biarin air mengalir waktu sikat gigi atau cuci tangan, sama aja pemborosan. Lo disarankan buat matiin air selama 20 detik waktu gosok gigi, cuci tangan, bercukur, atau cuci piring.

 

Biasain Bawa Botol Minum Sendiri

Masih suka beli minum botolan? Gak ada kata terlambat buat kamu untuk belajar ngurangin kebiasaan ini. Berhenti mengeringkan planet dengan cara hemat air! Tahu gak kalo setiap satu liter botol air kemasan bisa menghasilkan beberapa liter air, dengan pertimbangan semua rantai pasokan dan produksi. Mulai sekarang, lo harus bawa botol minum sendiri, Friends!

 

Pakai Produk Recycle 

Produk yang dibuat dari 100% bahan daur ulang butuh air sedikit dalam pembuatannya dibanding produk yang terbuat dari bahan murni. Jadi sebaiknya pakai lap kain buat pengganti tisu, pilih kertas printer daur ulang waktu butuh ngeprint (ganti dengan surat digital), dan pakai produk yang minimalisir jumlah limbah.

 

Pakai Aerator Keran 

Keran nyumbang 20% penggunaan air dalam ruangan. Biasanya keran ngalir 2x lipat dari kecepatan seharusnya. Pasang aerator di bak cuci dapur dan kamar mandi lo, bisa banyak ngurangin laju air keran. Tagihan air lo bakal lebih murah. Pakai aerator bisa ngurangin aliran air hingga 30% atau lebih, dari standar aliran air 2,2 galon per menit.

 

Jadi Vegan Selama Seminggu 

Hubungan vegan dan hemat air apa? Soalnya butuh banyak air buat menumbuhkan biji-bijian dan memberi makan sapi yang kemudian dagingnya digunakan untuk bahan steak atau burger. Steak 6 ops punya jejak air 674 galon. Sementara jejak berdampak 21 galon.

 

Dari penelitian ahli lingkungan di tahun 2017 ditemukan bahwa pola makan omnivora punya jejak air atau jejak karbon terbesar dibanding pola makan vegan. Seminggu nerapin pola makan vegan bisa bantu menghemat 3.000 halon air. Jadi gak ada salahnya kan lo jadi vegan selama seminggu dalam sebulan. Bagus lagi bisa lebih lama.

 

Jangan Mandi Kelamaan 

Beberapa orang suka menghabiskan waktu lama pas mandi, apalagi kalo mandinya pakai shower. Meski mandi merupakan aktivitas yang penting buat proteksi tubuh lo, tapi mandi kelamaan juga gak dianjurin lho!

 

Pertama, mandi terlalu lama sama dengan butuh banyak air. Yang artinya pemborosan. Padahal mandi pakai Medicare Sabun Antibakteri nggak perlu lama-lama kok. Mandi sebentar aja, lo udah bisa terproteksi dari virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit berkat formula ZeBact100-nya (zero bacteria). Oh ya, Medicare Sabun Antibakteri juga gak bakal bikin kulit lo kering karena kandungan non-TCC (triclocarban) dan non-triclosan.

 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), lo disaranin mandi selama 8 menit. Sedangkan kata Dr. Edidiong Kaminska, MD, Dewan Dokter Kulit Bersertifikasi, lama waktu mandi yang disarankan 5 sampai 10 menit. Durasi ini udah cukup buat bersihin badan dan jaga kelembapan kulit lo.

 

Semoga, abis baca artikel ini, lo mulai aware pentingnya menghemat air dan belajar terapin kebiasaan di atas, for the love of our planet. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *