Healthyzona

Obatin Sakit Tenggorokan Bisa dengan Konsumsi Ini

Tenggorokan sakit ketika menelan makanan dan minuman emang gak enak banget. Apalagi kalau ditambah gejala lain, seperti flu dan demam. Kalau ini yang lagi lo rasakan, bisa jadi faringitis (radang tenggorokan) tuh, Friends.

 

Pada kasus ringan, radang tenggorokan biasanya akan pulih dalam 1-2 minggu. Masalahnya, rasa gak nyaman di belakang tenggorokan itu bikin males makan dan minum, padahal tubuh butuh nutrisi untuk sembuh.

 

Kalau lo lagi sakit tenggorokan, semoga cepat sembuh ya! Konsumsi makanan dan minuman yang bisa mempercepat proses penyembuhan, berikut ini.

 

1. Air Putih

Air putih cukup mujarab untuk meredakan sakit tenggorokan. Tenggorokan tetap lembab dan bersih, juga terhindar dari dehidrasi dan komplikasi lainnya.

 

2. Sayur- sayuran

Perbanyak makan wortel, kubis, dan kentang karena membantu proses penyembuhan. Pastikan lo masak sayuran ini dengan benar supaya nutrisi dan serat yang diperlukan gak hilang.

 

3. Sup Ayam

Sup ayam mengandung nutrisi untuk mengurangi peradangan. Selain itu, bantu melegakan saluran pernapasan dan mengurangi gejala sakit tenggorokan.

 

4. Madu

Madu mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan punya sifat antibakteri dan antiinflamasi. Sifat ini efektif melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka termasuk sakit tenggorokan.

5. Pisang

Pisang gak cuma punya banyak nutrisi baik untuk tubuh, Friends. Teksturnya yang lembut bikin mudah ditelan ketimbang buah-buahan lain yang bertekstur keras.

 

6. Peppermint

Kandungan menthol pada peppermint bisa meredakan gejala radang tenggorokan dan batuk. Selain itu, sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antivirusnya bisa mendukung penyembuhan. Plusnya, nafas lo juga jadi lebih segar.

 

7. Kunyit dan Jahe

Tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berguna untuk menghilangkan gejala mirip flu, seperti sakit tenggorokan. Kamu bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau campuran untuk membuat teh panas.

 

8. Teh Chamomile dan Jenis Teh Lain

Siapa sangka kalau teh chamomile mengandung zat anti-peradangan, antioksidan, dan astringent yang oke banget untuk meredakan gejala sakit tenggorokan dan flu. Kandungan itu juga merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

 

9. Bawang Putih

Kandungan antibakteri, fungisida, dan sifat antivirus dalam bawang putih berguna untuk mengobati gejala faringitis. Lo bisa mengunyah bawang putih atau mengisap aromanya selama 15 menit. Biar gak kepahitan, campur bawang putih dengan madu atau minyak zaitun. Bisa juga dicampur dalam jus sayuran.

 

Selain Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Tepat, Cegah Penyakit dengan Cuci Tangan

Baik sebelum maupun saat pandemi, cuci tangan penting banget dilakukan sebelum lo makan. Soalnya, cuci tangan bisa menghindari kuman/bakteri ikut termakan dan menyebabkan infeksi atau penularan penyakit/virus. Sakti juga kan fungsi cuci tangan?

 

Untuk urusan tangan yang bersih, ada sabun cuci tangan Medicare yang bisa dijadiin sabun proteksi serius anti bakteri kapan aja. Formula ZeBact100-nya (zero bacteria 100%) dilengkapi sama moisturizer supaya tangan lo gak kering setelah cuci tangan.

 

Yuk, mulai jaga kesehatan lo dari cuci tangan!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *