Healthyzona

Cara Meredakan Asam Lambung Saat Puasa

Asam lambung suka naik waktu puasa? No worries, Friends! Banyak kok orang yang ternyata ngalamin hal ini juga. Asam lambung naik saat puasa disebabkan oleh keseimbangan asam di dalam perut. 

Menurut Peyton Berookim, MD, seorang ahli gastroenterologi asal California AS, kondisi perut lo yang kosong tanpa asupan yang dicerna bikin asam lambung lo jadi naik. Bukan cuma waktu puasa, bangun tidur dalam kondisi perut kosong juga bisa bikin asam lambung. 

Caranya biar asam lambung gak naik waktu puasa? Ikutin tips ini, Friends!

1. Makan porsi kecil, kunyah pelan-pelan

Waktu buka puasa, jangan langsung makan besar, Friends! Siapin perut buat pemanasan dengan makan takjil sehat. Lo bisa pilih kurma, buah, atau sup. Setelah itu baru deh makan besar. 

Ambil porsi makan setengah dari porsi harian supaya perut lo gak penuh. Justru kalo perut penuh, bisa dorong asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. Selama makan ambil porsi kecil dengan intensitas sering dan kunyah pelan-pelan. 

2. Hindari makanan pedas, berlemak, dan tinggi kafein

Makanan pedas, mint, makanan berlemak, kopi, teh, dan coklat bisa picu asam lambung kamu malah naik. So, hindari jenis makanan tersebut – pilih makan buah dan sayur yang lebih sehat.

3. Atur waktu makan

Jangan sampai kelar sahur malah tidur. Atur waktu makan lo jangan sampai deketan dengan jam tidur. Kalo lo emang ngantuk berat abis sahur, coba tidur sambil duduk, supaya asam lambung gak naik ke kerongkongan. Sementara waktu buka puasa, atur jadwal makan minimal 2 jam atau 3 jam sebelum tidur.

4. Tidur dengan posisi tubuh atas lebih tinggi

Sangga tubuh bagian atas supaya posisinya lebih tinggi dari pada kaki. Lo bisa pakai bantal atau penyangga dengan tinggi 6-8 inci buat nopang tubuh bagian atas. Ini adalah tinggi ideal supaya asam lambung lo gak cepet naik. Bantal jangan cuma nyangga kepala, tapi harus bisa nopang semua bagian atas tubuh.

5. Berat badan stabil

Jaga berat badan bisa bantu cegah asam lambung lo naik. Soalnya waktu berat badan lo naik, struktur otot yang menyokong esofagus bisa menyebar atau ngembang. Jadi, kerja otot klep esofagus yang ngatur asam lambung tetap ada di perut malah terganggu. Akibatnya asam lambung bisa baik ke kerongkongan.

Selain masalah asam lambung, yang gak kalah penting lagi buat lo perhatiin selama puasa adalah kebersihan tangan. Begitu denger bedug maghrib, jangan langsung kalap santap menu buka. Cuci tangan dulu pakai Medicare sabun cuci tangan antibakteri supaya tangan lo bebas bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit. Kandungan ZeBact 100-nya ampuh basmi kuman yang bersarang di tangan 100%. Gak usah takut tangan kering gara-gara keseringan cuci tangan, sabun antibakteri ini udah dilengkapi extra moisturizer lho! 

Yuk, Friends makin ketat jaga kebersihan selama bulan puasa bareng Medicare!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *