Healthyzona

Jangan Dibuang, 6 Kulit Buah Ini Memiliki Manfaat!

Gak semua sampah itu waste. Ada jenis sampah yang malah punya banyak manfaat, salah satunya kulit buah. Daripada dibuang, kulit buah bisa kamu pakai buat berbagai kebutuhan dengan optimal. Buat pupuk misalnya, atau pembersih dapur. 

Kalo kamu makan 6 jenis buah ini, kulitnya jangan langsung dibuang. Soalnya kulit tersebut bisa kamu manfaatin buat hal berikut:

1. Kulit Lemon

Kulit lemon bisa kamu manfaatin buat membersihkan dapur dan kamar mandi. Caranya, gosok kulit lemon di permukaan kamar mandi, bilas sampai bersih. Aroma lemon yang fresh bisa bantu menghilangkan bau tak sedap di bak cuci piring.

2. Kulit Alpukat 

Punya kulit kering di beberapa area tubuh? Gak perlu beli pelembab mahal, Friends. Kamu bisa manfaatin kulit alpukat buat lembabin kulit kering. Cukup gosokin bagian dalam kulit alpukat ke area kulit yang kering. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas. Cara ini juga berfungsi buat eksfoliasi kulit, makanya bisa bikin kulit kering jadi lebih lembab.

3. Kulit Jeruk 

Sama seperti daging buahnya, kulit jeruk juga punya banyak manfaat, mulai dari ngusir serangga sampai ngilangin bau nggak sedap di sudut rumah. Buat dapetin manfaat ini caranya gampang kok, kalo kamu punya tanaman di rumah tinggal taruh aja kulit jeruk di pot tanaman buat mencegah serangga masuk ke dalam rumah.

4. Kulit Pisang 

Punya sepatu kulit yang kotor di rumah? Bersihin aja pakai kulit pisang. Gosokin bagian dalam kulit pisang di bagian sepatu yang kusam, kemudian lap menggunakan kain lembut yang bersih. Selama proses ini, kalium yang ada di dalam kulit pisang bakal diserap oleh kulit dan menghilangkan noda kusam sehingga sepatu kulit lo balik kinclong. 

Plant lover? Kulit pisang bisa lo pake buat bersihin debu di daun tanaman indoor kesayangan lo. Minyak alami di dalam kulit pisang bisa bikin daun tanaman kesayangan lo makin shining.

5. Kulit Semangka 

Ops, ternyata bukan cuma buahnya aja yang bisa dimakan. Kulit semangka juga bisa lo makan, Friends. Menurut MindBodyGreen, bagian putih kulit semangka sumber serat yang baik buat melancarkan pencernaan. Kulit semangka juga mengandung L-citrulline (asam amino) yang bisa nurunin tekanan darah pada orang dewasa dengan hipertensi dan ningkatin kinerja atletik.

Buat dapetin manfaat ini, lo bisa olah kulit semangka jadi smoothies atau tambahin dalam jus. Buat inspirasi, lo bisa bikin jus dari kulit semangka mix dengan stroberi dan lemon. Gak cuma seger tapi juga bikin sehat, Friends!

6. Kulit Jeruk Bali 

Sama seperti semangka, kulit jeruk Bali juga bisa lo makan. Banyak orang yang manfaatin kulit jeruk bali ini buat bikin teh kaya serat. Lo bisa coba praktekin bikin sendiri di rumah kok. Caranya gampang, tambahin kulit jeruk Bali yang sudah dicacah dalam air mendidih. Diamkan selama 15 menit. Tuangkan dalam gelas, lo bisa tambahin gula atau pemanis sesuai selera. 

Dari keenam manfaat kulit buah tersebut, mana yang pengen lo dapetin benefit-nya? Kalau abis kupas buah dan beberes sampah makanan, jangan lupa bersihin tangan lo pakai Medicare Hand Sanitizer. Kandungan 75% alkohol food grade-nya ampuh proteksi lo dari serangan kuman, bakteri dan virus. Nggak usah takut tangan jadi kering, soalnya Medicare Hand Sanitizer ada ekstrak pelembabnya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *