Healthyzona

7 Manfaat Olahraga Tenis bagi Kesehatan

Melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu cara supaya tubuh sehat. Tubuh aktif bergerak sehingga otot-otot yang tegang akibat aktivitas jadi lebih santai. Ada banyak jenis olahraga yang bikin pergerakan tubuh lo lebih lincah dan berstamina kuat. Salah satunya, tenis. 

Tenis melibatkan pergerakan tubuh yang dinamis dan berdampak baik buat kesehatan. Simak manfaat olahraga tenis berikut ini.

Jantung dan Pembuluh Darah Sehat

Olahraga tenis bagus buat kesehatan kardiovaskular. Berdasarkan hasil studi tahun 2017, olahraga raket seperti tenis terbukti menurunkan kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 56%.

Saat detak jantung meningkat, otomatis oksigen dan aliran darah ke tubuh juga meningkat. Kalau dilakukan secara rutin, latihan ini dapat membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih optimal karena detak jantung meningkat.

Berat Badan Turun

Ada penelitian tahun 2012 yang nunjukin kalau cowok dan cewek yang latihan aerobik 5 hari seminggu selama 10 bulan berhasil turun berat badan secara signifikan.

Buat lo yang ingin menurunkan berat badan, tenis bisa jadi pilihan dalam program diet. Jangan lupa, imbangi dengan konsumsi makanan sehat agar hasilnya sesuai sama keinginan.

Otot Lebih Kuat

Berlari, mengayun, dan memukul bola yang dilakukan saat olahraga tenis bikin gerakan lo semakin lincah.

Di samping itu, aktivitas aerobik saat bermain tenis juga melumasi sendi dan memperkuat otot serta tendon. 

Keseimbangan Lengan dan Kaki Lebih Baik

Dengan olahraga tenis, lo gak akan mudah jatuh setiap kali mencondongkan tubuh untuk Backhand. Bukan itu aja, mengayun raket juga bisa menjaga keseimbangan lengan dan kaki lebih baik. 

Pertumbuhan Tulang Lebih Kuat

Aktif olahraga dapat membantu mencegah risiko osteoporosis. Dengan melakukan gerakan berlari mengejar bola serta mengayunkan raket, pertumbuhan tulang jadi lebih kuat. Dengan begitu, risiko osteoporosis pas udah lansia nanti akan berkurang.

Sistem Imun Tubuh Meningkat

Bermain tenis di luar ruangan menjelang tengah hari bagus buat mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari. 

Vitamin D ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh yang lebih kuat sehingga lo gak gampang sakit.

Interaksi Sosial

Tenis adalah jenis olahraga yang melibatkan minimal 2 orang. Karena itu, main tenis memberikan kesempatan untuk berinteraksi sosial. Pengaruhnya positif bagi kesehatan mental dan tubuh lho. Soalnya, berdasarkan penelitian, isolasi sosial sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, risiko kematian akibat penyakit jantung, dan risiko kesehatan lainnya.

Itu tadi manfaat olahraga tenis buat kesehatan tubuh lo. Penting banget kan, supaya gak cepat sakit di tengah musim pancaroba. Sama pentingnya nih sama mandi sehabis olahraga dengan sabun antiseptik Medicare. Kuman dan bakteri patogen yang dibawa keringat langsung takluk sama formula ZeBact 100-nya (100% Zero Bacteria).

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *