Healthyzona

Cara Cuci Muka untuk Kulit Berminyak yang Benar

Cara Cuci Muka untuk Kulit Berminyak yang Benar

Sudahkah kamu mencuci muka hari ini? Jika belum, segeralah lakukan. Menjaga kebersihan wajah sangat penting dilakukan salah satunya dengan rutin mencuci muka. Apalagi, jika wajahmu adalah tipe kulit berminyak. 

Untuk merawat wajah berminyak, kamu perlu melakukan langkah-langkah mencuci muka yang tepat. Simak cara mencuci muka untuk kulit berminyak berikut ini untuk hasil terbaik. 

 

Cuci muka dua kali sehari 

Kulit berminyak perlu dibersihkan minimal dua kali sehari untuk menjaga kesehatannya. Minyak berlebih pada wajah dapat menjadi penyebab jerawat dan komedo. Untuk menghindarinya, cuci muka perlu dilakukan di pagi dan sore hari setelah kamu beraktivitas. 

 

Baca Juga :  3 Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Gunakan sabun yang tepat 

Wajahmu mungkin memproduksi minyak berlebih, tapi jangan sampai sabun muka yang kamu gunakan justru membuatnya kering dan menyebabkan iritasi. Gunakan sabun yang cocok untuk tipe wajah berminyak. 

 

Aplikasikan dengan merata 

Setelah kamu memilih sabun muka yang tepat, kini saatnya mulai mencuci muka. Ambil sabun muka secukupnya dan letakkan di telapak tangan. Aplikasikan sabun muka tersebut dengan merata ke wajah dengan cara memijat lembut. Hal ini sangat penting dilakukan agar sabun dapat bekerja mengangat kotoran dengan optimal di seluruh permukaan kulit. 

 

Baca Juga :  Penyakit yang Disebabkan oleh Virus pada Sistem Pernapasan

Bilas hingga bersih 

Sebaiknya gunakan air mengalir untuk membilas wajah setelah mengaplikasikan sabun muka. Usapkan air ke seluruh bagian wajah hingga tidak ada jejak sabun yang tersisa. Setelah dibilas, gunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah dengan tepukan ringan. 

 

Gunakan pelembab wajah 

Setelah selesai mencuci muka, kamu bisa memakai pelembab berbahan dasar air supaya wajah tidak kering. Jangan gunakan pelembab berbahan dasar minyak ya, karena bisa meningkatkan kadar minyak yang sudah ada di area wajahmu. 

Jika kamu beraktivitas di wilayah berdebu atau habis berolahraga di area terbuka, kamu bisa mencuci muka lebih sering jika diperlukan. Mencuci muka untuk kulit berminyak tidak sulit, bukan?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *