Healthyzona

Cara Meningkatkan Imun Tubuh dengan Mudah

cara-meningkatkan-imun-tubuh

Sistem imun yang bekerja dengan baik akan membuat tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Agar bekerja maksimal, sistem imun ini harus dipelihara baik.

Sistem imun atau dikenal juga sebagai sistem kekebalan adalah sistem fisiologis yang sangat terintegrasi untuk melindungi diri dari ancaman internal atau eksternal. Ancaman itu dapat berupa infeksi, racun, atau berbagai penyebab penyakit lain. Sistem kekebalan tubuh punya peran kunci untuk membantu kita tumbuh dan hidup lebih lama. Sistem ini akan selalu siap serta waspada terhadap berbagai ancaman kesehatan. Agar fungsinya maksimal, kita harus melakukan berbagai cara meningkatkan imun tubuh.

Sepanjang hidup, akan ada banyak mikroorganisme yang kita temui, baik terlihat maupun tidak terlihat. Sistem kekebalan tubuh inilah yang punya tugas mencari tahu mana mikroorganisme berbahaya, mana yang netral, dan mana mikroorganisme yang dapat membantu tubuh kita jadi lebih sehat. Maka mengupayakan cara meningkatkan imun tubuh sangat penting dilakukan.

Sistem kekebalan ini akan membunuh bakteri yang berbahaya untuk tubuh, dan membiarkan bakteri baik tetap hidup dan berkembang.Jadi, bagaimana cara meningkatkan imun tubuh agar mampu bekerja dengan baik? Berikut beberapa di antaranya:

TERAPKAN POLA HIDUP SEHAT!

Sistem imun tidak akan terbentuk jika pola hidup yang kita jalani saat ini berantakan. Jika pola hidup sehat tidak pernah kamu lakukan, maka kamu akan punya banyak pekerjaan rumah. Urai satu persatu, ganti aktivitas, dan konsistenlah saat menjalankan pola hidup yang baru hingga akhirnya pola hidup berjalan teratur. 

  • Rutin Olahraga

Tubuh sehat tidak datang tiba-tiba. Usaha keras harus dilakukan untuk mencapainya. Olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat.

Lakukan olahraga secara rutin sebanyak 150 menit dalam satu minggu. Kamu bisa bagi 150 menit ke dalam 3-5 hari dalam satu minggu, dengan minimal durasi olahraganya sekitar 30 menit.

  • Pilih Makanan Baik

Perhatikan dengan saksama tiap makanan yang masuk ke tubuhmu. Jangan asal konsumsi. Pastikan asupanmu sudah mencukupi kebutuhan harian. Tambahkan sayur dan buah-buahan agar vitamin dan mineral yang diperlukan tercukupi.

  • Istirahat Cukup

Olahraga baik, makanan baik, tetapi istirahat tidak baik? Maka pola hidupmu tidak sehat. Jika kamu kurang istirahat, maka muncul risiko yang lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit, di antaranya penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

  • Hindari Stress

Stres yang berjalan terus-menerus dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kecemasan dan depresi, sakit kepala, penyakit jantung, gangguan memori dan konsentrasi, gangguan pencernaan, kesulitan tidur, dan penambahan berat badan. Hindari stres sebisa mungkin dengan mengatasi penyebabnya. Kamu juga bisa menghindari stres dengan melakukan hobi yang disukai.

  • Hindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Merokok dan mengonsumsi alkohol adalah perilaku yang dilakukan secara sadar untuk memasukkan berbagai zat berbahaya dan beracun ke dalam tubuh. Terlalu banyak minum alkohol dapat mengakibatkan gangguan detak jantung, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, pembesaran jantung, serta meningkatnya risiko terkena stroke dan penyakit jantung.

Sedangkan merokok bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, masalah kesuburan, dan gangguan pada paru-paru,

KONSUMSI SUPLEMEN JIKA DIPERLUKAN

Mengonsumsi suplemen setiap hari bukanlah kewajiban, tetapi jika kamu merasa kebutuhan tubuh saat ini tidak tercukupi, maka suplemen dapat membantu. Perlu diingat, suplemen bukan pengganti obat-obatan.

Sebelum mengonsumsi suplemen sebagai cara meningkatkan imun tubuh, pastikan kamu sudah menghitung berapa banyak kebutuhan harian zat/mineral/vitaminmu. Kekurangannya bisa kamu lengkapi dengan suplemen. Bijaklah dalam mengonsumsi, karena jika dikonsumsi terlalu banyak, bisa jadi akan memberatkan kerja organ tubuh.

Jika ragu dengan kebutuhan suplemen yang akan dikonsumsi harian, konsultasi lebih dulu dengan dokter keluarga akan membantu. Konsultasi ini juga penting dilakukan jika kamu saat ini punya kondisi medis tertentu. Lewat konsultasi, dokter dapat merekomendasikan suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan dengan dosis yang tepat.

Yuk jaga kondisi imun tetap baik. Tetap sehat, tetap semangat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *