Healthyzona

Lakukan Olahraga Ini dan Lo Gak Perlu Takut Kolesterol

Rebahan sebentar emang bagus buat refreshing. Tapi, dilakukan terlalu lama juga gak bagus buat kesehatan kamu, Friends. Kurang aktif bergerak bisa menyebabkan berbagai kesehatan buruk, salah satunya kolesterol. 

Kolesterol tinggi bisa dialami usia berapa pun termasuk anak muda kayak kamu. Gak percaya? Simak pembahasannya di bawah ini! 

Makanan Penyebab Kolesterol: Kamu Pasti Pernah Makan Salah Satunya

Gaya hidup yang gak sehat cuma satu dari beberapa penyebab kadar kolesterol tinggi. Sebab lain yang gak kalah penting adalah makanan berlemak yang tergolong pada jenis trans fat dan saturated fat.

Kadar kolesterol dikatakan tinggi jika ada terlalu banyak “kolesterol jahat” (low-density lipoprotein alias LDL) di dalam darah atau >100 mg/dL. Kondisi ini bisa diperparah jika kamu juga punya kadar HDL (high-density lipoprotein alias “kolesterol baik”) yang rendah atau <60 mg/dL.

Trans fat gak cuma menaikkan LDL, Friends, melainkan juga menurunkan kadar HDL di dalam darah. Saturated fat biasanya terdapat pada daging dan susu. Lemak jenis ini mendorong hati untuk memproduksi LDL lebih banyak.

Inilah daftar makanan mengandung trans fat dan saturated fat yang berbahaya buat kadar kolesterol di tubuhmu.

  • Saturated fat: semua jenis roti, biskuit, dan cookies. 
  • Trans fat: gorengan yang digoreng menggunakan minyak sayur atau margarin, fast food, popcorn, permen yang mengandung krim, dan donat. 
  • Minuman yang mengandung pemanis buatan, seperti minuman bersoda dan es krim. Bisa memicu diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. 
  • Daging olahan, seperti sosis, hot dog, dan bacon, sering dihubungkan dengan berbagai penyakit jantung dan kanker. 
  • Makanan-makanan dari produk hewani, seperti daging dan susu disarankan untuk dihindari. Tapi, berhubung bahan-bahan makanan itu juga mengandung nutrisi lain, seperti protein dan mineral, boleh dikonsumsi dalam jumlah tertentu. 

Kamu yang memiliki toleransi rendah terhadap kolesterol sebaiknya juga gak lengah. Hindari hewan laut bercangkang (kerang, kepiting, udang), daging merah, telur, jeroan (jantung, hati, paru), telur, ikan sarden (bukan kalengan), keju, dan yogurt. Makanan-makanan ini berpotensi menaikkan kadar kolesterol.

Jangan Takut, Kolesterol Bisa Dicegah Kalau Kamu Serius Bergerak!

Baca Juga :  Bangun Pertemanan Sehat dengan Rutin Olahraga bareng Temen Lo, Friends!

Kalau dibiarkan, kolesterol tinggi akan menumpuk di dinding pembuluh darah arteri dan membentuk plak. Kondisi ini mengakibatkan penyempitan arteri alias aterosklerosis.

Aterosklerosis lama-kelamaan akan menuntun ke sejumlah penyakit gawat, seperti serangan jantung, stroke, dan arteri perifer (aliran darah ke tungkai tersumbat). Gak mau ini dialami anak muda aktif kayak kamu, kan? 

Gak perlu parno berlebihan, ada kok olahraga yang pas untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Olahraga Bagus buat mengurangi Kolesterol

1. Jogging

Awali pagi hari dengan jogging sebelum mulai aktivitas. Udara pagi yang segar selagi jogging bagus untuk mengoptimalkan kinerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, membantu menurunkan kadar LDL dalam darah.

2. Bersepeda

Baca Juga :  Awas! Musim Pancaroba Bisa Pengaruhi Kesehatan Friends dan Keluarga

Sepedaan lagi naik daun banget nih. Gak heran karena olahraga ini emang sangat fun dilakukan sendiri atau bareng teman. Ditambah, bersepeda rutin bisa melancarkan peredaran darah kamu, mengatasi nyeri sendi, dan menurunkan kadar LDL secara signifikan.

3. Berenang

Berenang gak cuma bagus untuk menurunkan berat badan, tapi juga  membantu meringankan kadar kolesterol tubuh. Bahkan, lebih berhasil dibandingkan berjalan lho, Friends! 

4. Senam aerobik

Gerakan senam aerobik bikin jantung menjadi lebih sehat dan memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Olahraga ini pun bisa bantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

Nah itu ya Friends empat olahraga yang dapat menurunkan Kadar LDL dalam darah kamu. Selain itu, empat macam  olahraga ini juga sangat baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Setelah melakukan olahraga ini biasanya badan berkeringat dan berbakteri, kamu dapat membersihkannya dengan Medicare sabun proteksi serius anti bakteri yang sangat cocok untuk jiwa muda seperti kamu.

Masih mau mager habis ini? Ayo, mulai gaya hidup sehat dari sekarang agar tetap aktif mengejar impianmu, Friends!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *