Healthyzona

Main di Luar Ruang Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

daya tahan tubuh

Apakah kamu pernah mendengar kalimat, “bermain kotor-kotoran di luar ruang itu baik?”.
Memang sulit diterima ya, apalagi jika saat ini kamu adalah ibu dari anak kecil. Biasanya dalam keseharian, kita merawat anak dengan cara menjaga kebersihannya selalu.

Meskipun sulit diterima, bermain di luar ruang dan terpapar debu/tanah ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya untuk anak-anak yang sistem daya tahan tubuhnya masih berkembang. Yuk perlahan tepis anggapan bahwa main kotor-kotoran hanya mendekatkan pada kuman dan bakteri penyebab penyakit. Faktanya, ada manfaat lainnya.

Kuman yang masuk ke tubuh si kecil hadir bukan untuk dihindari sepenuhnya. Kuman itu dapat menjadi stimulan, dan menggedor sistem imun tubuh supaya bekerja lebih aktif. Anak-anak yang sistem imunnya sudah mengenal jenis kuman tertentu akan tidak mudah sakit.

Sedangkan sebaliknya, anak-anak yang terbiasa hidup super bersih di lingkungan yang terlalu higienis dan jarang bersentuhan dengan debu dan kotoran malah punya potensi terserang penyakit dan alergi yang lebih parah. Anak-anak di lingkungan terlalu bersih ini tidak dapat mengenali kuman, bakteri, dan virus yang menyerang, dan ketika sistem imunnya tidak mampu menahan, anak akan menjadi sakit.

 

Manfaat Main Kotor di Luar Ruang

 

Bermain kotor-kotoran punya manfaat baik, yaitu merangsang sistem imun dalam tubuh bekerja untuk melawan penyakit. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya seperti:

Bermain kotor-kotoran akan membuka peluang anak bersentuhan dengan kuman di awal kehidupannya. Termasuk juga mengenal kotoran hewan untuk mengurangi risiko gangguan jantung di usia dewasa.

Bermain kotor-kotoran membuat bahagia! Saat bermain kotor di luar ruangan, anak akan mengeluarkan serotonin yang membuat perasaan jadi santai. Serotonin juga meningkatkan suasana hati, dan mengurangi rasa cemas. Selain itu, kotoran yang menempel pada kulit saat bermain ternyata mengandung bakteri yang bisa membantu menyembuhkan luka teriris dan tumit pecah-pecah.

 

Tips Aman Main Kotor di Luar Ruang

 

Meskipun punya manfaat yang sangat baik, bukan berarti kita abai. Tetap berikan batasan kepada anak saat bermain kotor-kotoran agar anak tetap aman selama berada beraktivitas di luar ruangan. 

Sebelum melepas anak, pastikan area bermainnya bebas dari bahan kimia berbahaya. Periksa juga apakah areanya aman dari batu tajam yang dapat membuat kaki anak terluka. Jika usia anak masih terlalu kecil dan ia punya kegemaran memasukkan benda-benda ke mulut, pastikan orang tua mengawasi lebih ketat.

Teman bermainnya juga perlu diperhatikan. Pastikan sudah memberikan instruksi yang jelas saat bermain, misalnya: dilarang melemparkan debu atau kotoran ke arah wajah. Aturan ini diharapkan dapat membuat anak lebih nyaman dan aman ketika bermain kotor-kotoran di luar ruangan.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan tubuh anak dengan teliti saat mandi. Jangan sampai kotoran menempel terlalu lama dan bahkan terbawa tidur. Gunakan Medicare Sabun Anti Bakteri untuk manfaat lebih baik menghilangkan kuman.  

Setelah bermain kotor-kotoran, kuatkan sistem imun anak dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya, memastikan tidurnya sudah cukup setiap hari, dan memenuhi kebutuhannya untuk eksplorasi.

Selalu sehat setiap hari. Tetap semangat, ya!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *