Healthyzona

Menimbang Berat Badan Sebabkan Stres?

menimbang berat badan

Menimbang berat badan tidak hanya dilakukan bagi mereka yang sedang melakukan diet untuk menurunkan atau menaikkan berat badan. Sebenarnya menimbang berat badan berlaku untuk semua orang yang ingin mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

Tapi memang biasanya menimbang berat badan dilakukan dengan tujuan untuk mencapai kondisi tubuh yang ideal. Banyak orang khawatir berat badan mereka bertambah, namun ada juga yang kecewa saat tahu berat badan mereka turun. Menimbang berat badan membuat perubahan tubuh terpantau, sehingga begitu bisa mengontrol pola makan dengan bijaksana.

Ada yang bilang, menimbang berat badan terlalu sering malah menimbulkan stres berlebihan. Daripada bingung, coba pahami dulu apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh kita.

 

 

WAKTU IDEAL MENIMBANG BERAT BADAN

Karena kenaikan berat badan bisa dipengaruhi berbagai faktor, seperti asupan makanan yang sudah dicerna, banyaknya air yang sudah diminum, juga aktivitas fisik yang sudah dilakukan.

Waktu ideal untuk menimbang adalah pada pagi hari, saat baru bangun tidur dalam keadaan perut kosong. Sebelum makan dan minum, atau melakukan banyak aktivitas. Tentukan jam, dan lakukan pada jam yang sama keesokan harinya.

 

 

Baca Juga :  Teman Serius Cuci Tangan

LAKUKAN TERATUR

Menimbang berat badan idealnya dilakukan setiap hari. Dilakukan sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari. Bisa juga dilakukan dalam tiga hari sekali atau seminggu sekali. Yang perlu diketahui, semakin lama jeda waktu kita menimbang berat badan, makin besar kemungkinan berat badan malah bertambah. Wah, jadi malah tambah senewen nantinya.

 

 

PAKAIAN BERPENGARUH PADA BERAT TIMBANGAN

Saat menimbang berat badan, kenakanlah pakaian yang mirip. Bila hari ini mengenakan baju tidur, esok hari kenakan baju tidur dengan berat bahan yang kurang lebih mirip. Hindari menimbang berat badan saat mengenakan pakaian berbahan jeans atau jaket tebal. Karena saat menimbang berat badan, berat bahan dari pakaian yang dikenakan menyebabkan perhitungan bertambah. Walaupun hanya sekian gram, percayalah perubahan angka bisa sangat berarti dan memengaruhi mood saat itu.

 

 

Baca Juga :  Hidup di New Normal: Skill Penting yang Kamu Perlukan

GUNAKAN TIMBANGAN YANG SAMA

Sebelum menimbang, pastikan alat yang digunakan berada ada permukaan yang rata. Alat timbang yang diletakkan di permukaan yang tidak rata atau di atas karpet tebal bisa menyebabkan ketidakakuratan pada angka. Bila menimbang berat badan akan dilakukan secara rutin, sebaiknya gunakan timbangan yang sama.

 

 

OBSESI YANG MALAH BIKIN STRES

Alat penimbang berat badan dan seseorang yang terobsesi ingin mencapai berat tubuh ideal, memiliki love and hate relationship. Dicari, namun tak jarang hasil yang muncul malah disesali. Apalagi kalau sudah terobsesi pada turunnya angka pada timbangan. Keadaan seperti ini yang terjadi berulang kali kadang bisa membawa efek negatif. Tak senang karena angka di timbangan tak berkurang, bisa memicu frustrasi yang menyebabkan nafsu makan tak terkendali.

Perlu diingat, bahwa bentuk tubuh ideal tidak bisa didapat dalam sekejap mata. Harus selalu ada upaya dan kerja keras untuk meraihnya. Banyak faktor juga yang memengaruhi berat badan. Mulai usia, hormon, dan gaya hidup. Jadi saat melakukan program diet, daripada terus-menerus menimbang berat badan dan terobsesi pada angka di timbangan, sebaiknya atur cara berpikir kita. Sehat yang utama, berat ideal boleh menjadi yang kedua. Mulailah dengan mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat dan cukup untuk asupan tubuh. Iringi juga dengan olahraga teratur. Dengan menjalani pola hidup sehat, selain tubuh, kesehatan mental pun terjaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *