Healthyzona

Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan

 

Menjaga kesehataan saat musim hujan

Ketika masuk musim hujan, biasanya perubahan cuaca ini akan membuat kondisi kesehatan juga mulai ada perubahan. Kita akan lebih mudah terkena penyakit, mulai dari flu, pilek bahkan sampai ke demam berdarah yang sangat perlu diwaspadai.

Ternyata musim hujan ini memang bisa memperluas perkembangan virus dan mempercepat munculnya penyakit. Bisa kita lihat sendiri demam berdarah yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti saat ini mulai meningkat jumlahnya.

Belum lagi virus flu yang sangat mudah pindah dari satu orang ke orang lainnya. Coba saja bila ada satu orang di rumah yang flu, pasti orang serumah lainnya akan lebih mudah tertular. Dan bila kita beraktivitas keluar rumah, tentunya orang-orang yang kita temui juga akan lebih rentan tertular flu juga.

Karena itu, kita harus wajib menjaga kesehatan sehari-hari, apalagi di musim hujan seperti ini. Namun, walau menjaga kesehatan itu terlihat mudah ternyata hampir semua orang sering mengabaikannya. Padahal menjaga kesehatan itu adalah suatu keharusan agar kita bisa menjalankan hidup dengan baik. Nikmat sehat itu adalah modal utama dalam segala hal.

 

Baca Juga :  Ketahui Apa dan Bagaimana Virus Corona Bisa Menyebar

Cara Menjaga Kesehatan Di Musim Hujan Dengan Tepat

Sebenarnya tidak banyak berbeda cara menjaga kesehatan ketika musim hujan atau musim panas, tapi memang saat musim hujan harus lebih meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat.

Berikut ini adalah beberaapa cara menjaga kesehatan di musim hujan dengan tepat

 

1. Mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C

Ada banyak buah yang mengandung vitamin C di Indonesia. Dan vitamin C ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Jadi infeksi penyakit musiman di musim hujan seperti flu, batuk dan pilek akan jauh dari tubuh kita.

Beberapa buah yang banyak mengandung vitamin C itu adalah jambu biji dan jeruk. Bila buah-buahan tidak sempat memakannya, kita bisa menggunakan suplemen kaya vitamin C yang disarankan sesuai petunjuk penggunaan.

 

2. Konsumsi makanan yang bernutrisi, sehat dan gizi seimbang

Penuhi asupan makanan dengan makanan yang kayak vitamin, mineral baik makro dan mikro nutrien agar selalu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh selalu sehat saat musim hujan. Jangan lupa makan sesuai porsi yang disarankan dengan menu sehat bergizi seimbang.

 

Baca Juga :  Teqball, Olahraga Generasi Milenial yang Mulai Berkembang

3. Jangan lupa untuk berolahraga

Saat musim hujan, jangan lupa untuk tetap olahraga ya. Karena aktivitas fisik ini diperlukan agar sirkulasi darah tetap berjalan seperti biasa sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga. Cukup 20 menit saja untuk berolahraga setiap hari di musim hujan, ya!

Jangan karena musim hujan kita malah bermalas-malasan. Karena yang ada akan membuat kita malas dan malah menjadi sumber penyakit. Lakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah saja, seperti yoga, pilates, bersepeda indoor dll.

 

4. Mencuci tangan setelah dan sebelum makan

Kita tahu di masa pandemi ini kebersihan adalah nomor satu. Tentunya di musim hujan jangan sampai melupakan aturan 3M demi menjaga kesehatan kita. Mencuci tangan dengan bersih sebelum dan setelah makan akan mencegah penyebaran virus dan bakteri masuk ke tubuh kita.

Sedia juga hand sanitizer bila di luar rumah agar tetap terjaga kebersihan tangan dan meminimalisir risiko penularan penyakit.

 

Baca Juga :  Lari 10 Menit Setiap Hari, Rasakan Manfaatnya!

5. Disarankan untuk melakukan vaksin influenza

Saat ini sudah ada vaksin tambahan yaitu vaksin influenza yang dilakukan setahun sekali dan bisa dimulai sejak anak usia 1 tahun. Bagi orang dewasa yang memerlukannya juga sangat disarankan agar bisa menjaga kesehatan tubuh di musim hujan dengan vaksin influenza.

 

6. Istirahat yang cukup

Kunci dari kesehatan adalah makan dan istirahat yang cukup plus teratur. Bila dirasa kesibukan pekerjaan di musim hujan ini semakin meningkat, tidak ada salahnya tetap mencukupkan waktu beristirahat dengan baik setiap harinya. Karena walau kita sudah berusaha melakukan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan tapi tidak melakukan istirahat dengan baik, pasti daya tahan tubuh akan otomatis menurun.

Lakukan cara menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini dengan baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Musim hujan bukan halangan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kan? Salam sehat

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *