Healthyzona

Tips Membersihkan Kitchen Sink

Tips Membersihkan Kitchen Sink

Fakta menyebutkan bahwa kitchen sink sangat penting, tapi sekaligus menjadi bagian terkotor di dapur. Karena kitchen sink atau bak cuci, selain digunakan untuk mencuci peralatan makan dan masak, juga digunakan untuk membersihkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Sisa-sisa makanan, sisa potongan sayuran dan daging, atau tulang ikan, minyak sisa menggoreng, juga ampas minuman, semuanya bisa menumpuk jadi satu.

Bila tidak segera dibersihkan, kuman dan bakteri berkumpul di sini. Kotoran yang menempel atau mengendap bisa menimbulkan bau tak sedap. Tak jarang kotoran yang mengendap di lubang pembuangan membuat saluran tersumbat.

Sink memang harus dibersihkan secara ekstra. Namun, kadang ada saja kendala saat membersihkannya. Kotoran yang mengendap lama-lama menjadi kerak dan mulai sulit dibersihkan. Lama-lama sink yang semula berkilau perlahan berubah menjadi kusam dan berkarat. Coba perhatikan lima hal di bawah ini, agar sink tetap bersih tak meninggalkan noda.

 

1. JANGAN BIARKAN CUCIAN PIRING MENUMPUK

Peralatan makan dan peralatan masak yang sudah selesai dipakai, sebaiknya segera dicuci, jangan ditumpuk berjam-jam, apalagi berhari-hari. Karena sisa-sisa kotoran yang menempel pada peralatan makan dan masak bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Kalau dibiarkan, lama-lama akan muncul bau tak sedap. Kotoran yang mengendap juga bisa membuat sink menjadi kotor, kusam, dan cepat berkarat.

 

2. BERSIHKAN SALURAN PEMBUANGAN

Setelah mencuci bahan-bahan makanan yang hendak dimasak, atau peralatan makan dan peralatan masak yang kotor, jangan lupa untuk membersihkan lubang pembuangan pada sink. Bersihkan dan pastikan tak ada lagi sisa kotoran. Sisa-sisa makanan dan kotoran yang mengendap membuat saluran pembuangan tersumbat. Karena bila saluran pembuangan air tersumbat, maka air sisa cucian akan menggenang. Makin lama air kotor menggenang, maka makin cepat kuman dan bakteri menimbulkan bau tak sedap. Selain itu, genangan dari air kotor akan meninggalkan noda pada dinding dan bagian dasar sink.

 

3. SODA KUE BISA BIKIN BERKILAU

Ternyata soda kue tidak hanya digunakan untuk membuat kue, tapi juga bisa digunakan untuk membersihkan sink yang penuh noda. Apakah kalian sudah pernah mencoba? Caranya mudah sekali. Cukup taburkan soda kue di seluruh permukaan sink, diamkan sekitar 5 menit, lalu gosok perlahan menggunakan kain atau spons. Tadaaa! Sink pun berkilau lagi seperti baru.

 

4. HILANGKAN KARAT DENGAN CUKA

Pada sink yang sudah lama terpakai biasanya mulai timbul karat di sana-sini. Tak perlu buru-buru menggantinya dengan sink baru. Coba dulu hilangkan karat dengan cairan cuka (cuka dapur). Kandungan asam pada cuka mampu mengikis karat, sekaligus membunuh bakteri dan kuman yang terdapat pada permukaan sink. Gunakan kain atau spons yang sudah dibasahi cuka, lalu gosokkan pada bagian-bagian yang berkarat. Perlahan-lahan karat akan terkikis dan sink ‘bersinar’ kembali.

 

5. BEBAS NODA DENGAN CAIRAN LEMON

Sama seperti cuka, kandungan asam pada air lemon bisa menghilangkan noda dan kerak akibat sisa-sisa makanan. Campur cairan lemon dan garam, gosokkan dengan lembut pada permukaan yang berkerak, lalu bilas dengan air. Noda-noda hilang sempurna.

Jangan lupa setelah selesai mencuci, bersihkan sink, dan keringkan sink menggunakan kain atau serbet khusus. Menjaga kebersihan sink adalah salah satu upaya menciptakan kebersihan dapur. Bila dapur rumah kita dalam keadaan bersih, secara tidak langsung menunjukkan sesehat apa gaya hidup kita. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *