Healthyzona

Tips Mencegah Virus Corona di Ruangan Tertutup

ruangan tertutup

Setelah virus covid-19 datang, perlahan kita mulai beradaptasi dengan hal-hal yang baru. Hal-hal baru ini kemudian menjadi kebiasaan yang dikenal secara umum dan lambat laun menjadi gaya hidup yang diterima dan dilakukan oleh banyak orang.

Jika awalnya kita baik-baik saja beraktivitas di ruangan tertutup, saat ini tidak lagi begitu. Para ahli merekomendasikan unsur penting lain untuk melindungi diri dalam masa wabah, yaitu ventilasi udara yang baik. Ventilasi ini mutlak diperlukan karena dalam satu ruangan bisa berkumpul hingga beberapa orang sekaligus.

Ada pekerjaan yang mengharuskanmu berada di dalam ruangan untuk waktu yang lama? JIka iya, yuk baca beberapa tips di bawah ini agar kondisimu tetap aman selama beraktivitas.

 

Tinggalkan Jika Ruangan Tak Memiliki Ventilasi

 

Ketika masuk ke dalam ruangan, ambil napas dalam-dalam dan rasakan udaranya. Jika udara terasa pengap, sebaiknya hindari berlama-lama di dalamnya. Udara yang pengap menandakan sirkulasi udara sangat minim. Ingat, penularan virus sangat mungkin terjadi melalui udara. JIka udara tidak memiliki aliran masuk dan keluar yang baik, besar kemungkinan virus terperangkap di dalam ruangan dalam waktu yang lama.

 

Cek Pendingin Ruangan

 

Jika ruangan hanya menggunakan pendingin untuk sistem distribusi udara, usahakan tidak berlama-lama di dalamnya. Pendingin ruangan dapat memutar-mutar virus ke seluruh bagian ruangan dengan mudah. 

 

Periksa Sistem Penyaring Udara

 

Ruangan yang tertutup dapat dikatakan aman jika memiliki sistem penyaring udara yang sebagian besar atau seluruh udaranya diambil dari pasokan udara luar ruang. Hal ini sangat membantu, tetapi cukup mahal dari segi pengelolaannya. Jika tidak memungkinkan melakukannya, pilih lokasi di luar ruangan untuk mengadakan acara.

 

Hindari Berlama-lama di Dekat Jendela

 

Berlama-lama di dekat jendela artinya membuat kita berada pada garis lurus aliran udara. Hal ini tidak menguntungkan karena selalu ada kemungkinan seseorang atau beberapa orang telah terinfeksi virus sebelumnya. Ventilasi adalah kunci, tetapi cobalah hindari aliran udara langsung untuk menghindari kemungkinan terpapar.

Pandemi membawa banyak hal baru untuk kita. Kita harus semakin waspada bahkan dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang selama ini sepertinya minim risiko. Jika tidak terpaksa dan sangat-sangat penting, akan tetap lebih baik berada di rumah saja. Kalaupun harus beraktivitas di luar ruangan, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari berlama-lama di suatu ruangan dan hindari juga kerumunan.

Tetap sehat, tetap semangat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *