Healthyzona

Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga

Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kebutuhan utama tubuh. Namun penting sekali bagi Anda untuk memahami waktu yang tepat untuk berolahraga. Hal ini dikarenakan, tidak semua waktu efektif untuk mendongkrak kualitas kesehatan tubuh Anda melalui olahraga.

Sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan Anda harus memulai dan berhenti berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga yang dilakukan pada pagi, sore ataupun malam hari tetap memiliki dampak positif terhadap tubuh. Namun pastikan untuk menyesuaikan waktu olahraga dengan kesibukan Anda masing-masing 

 

Waktu Yang Tepat Untuk Berolahraga 

Agar Anda bisa memahaminya dengan lebih detail, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan perbandingan antara olahraga yang dilakukan pagi hari dan sore atau malam hari. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

 

Baca Juga :  Perbedaan Infeksi Kulit Karena Jamur dan Bakteri

Olahraga di pagi hari 

Kebanyakan orang menganggap olahraga pagi hari adalah waktu olahraga terbaik. Udara yang segar dan sinar matahari yang masih hangat menjadi alasan utamanya. Hal ini memang bisa dibenarkan. Sinar matahari pagi berdampak  sangat positif untuk tubuh Anda.

Namun ternyata ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari berolahraga di pagi hari. Diantaranya adalah membuat tubuh jauh lebih berenergi. Hal ini kemudian bisa membuat suasana hati Anda menjadi jauh lebih baik karena kuantitas hormon endorfin pada tubuh meningkat dengan pesat

Di sisi lain, olahraga pagi hari mampu mendongkrak kualitas metabolisme tubuh dan membuat pola hidup jauh lebih baik. Hal ini akan berdampak besar terhadap performa aktivitas Anda karena olahraga pagi hari juga terbukti ampuh untuk meningkatkan konsentrasi.

 

Baca Juga :  5 Cara Mudah Terhindar dari Virus, Bakteri, dan Kuman

Olahraga di sore dan malam hari 

Meskipun olahraga pagi hari memiliki banyak kelebihan, ternyata manfaat dari olahraga sore dan malam hari juga tidak bisa disepelekan. Ketika Anda berolahraga di sore atau malam hari, otot-otot tubuh sedang berada pada kondisi yang paling ideal.

Hal ini akan membuat suhu tubuh meningkat sehingga elastisitas otot tetap terjaga. Selain itu, intensitas olahraga yang bisa dilakukan juga lebih tinggi. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh Anda sedang berada pada titik maksimal. 

Tidak hanya itu saja, olahraga di sore hari juga bisa meminimalisir terjadinya stress. Bahkan menurut riset, olahraga di sore atau malam hari membuat penggunaan energi jauh lebih efektif. Hal ini dikarenakan, serapan oksigen tubuh jadi jauh lebih minimum dibandingkan pagi hari.

Ketika bingung hendak memilih olahraga di pagi, sore atau malam hari, beberapa poin di atas tentu bisa menjadi pertimbangan. Pada intinya waktu yang tepat untuk berolahraga harus disesuaikan dengan aktivitas Anda masing-masing.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *