Healthyzona

Kenali Toxic Friend, Persahabatan yang Merusak Mental

Bukan cuma hubungan percintaan, persahabatan pun juga bisa jadi toxic lho, Ladies! Sayangnya hal ini lebih jarang buat disadari. Karena seringnya yang namanya sahabat itu, bukannya harus siap “menerima apa adanya” ya?

 

Biasanya as a woman, banyak yang suka curhat “dia kan sahabat dekat aku, jadi terima aja lah!”. Tapi ini totally salah, Ladies! Sekalinya toxic, persahabatan kamu bakal tetap toxic. So, sebelum kamu terjebak dalam persahabatan toxic. Cuss, simak ciri-ciri toxic friendship berikut ini!

 

Semua Tentang Dia!

Biasanya nih lihat sahabat bahagia, kamu bakal rasain hal yang sama. Tapi porsi bahagia itu sewajarnya aja. Nggak harus melulu merayakan kebahagian sahabat kamu aja. Yang bikin hubungan friendship jadi toxic itu waktu kamu sama sekali nggak punya kesempatan untuk berbagi rasa bahagia. Setiap kamu cerita, seringnya bakal diselak sama dia. Then, dia mulai menceritakan kebahagiaannya. Padahal di persahabatan ini nggak semua tentang dia.

 

Kamu Nggak Bisa Jadi Diri Sendiri 

Orang bilang persahabatan itu bagaikan kunci. Kalo kamu cocok maka bakal ada keterbukaan antara kalian. Tapi bayangkan kalau dalam persahabatan tersebut kamu harus rekayasa gaya hidup, penampilan, dan personality supaya fit in dengan mereka. Well, nggak ada salahnya ngubah penampilan, atau personality, tapi kalau kamu udah kehilangan jati diri cuma gara-gara sahabatan sama mereka. It’s a totally a toxic friendship, Ladies! Percaya deh, persahabatan akan jauh lebih indah kalo kamu bisa jadi diri sendiri. 

 

Selalu Mengkritik

Mengkritik itu nggak ada salahnya apalagi kalau tujuannya baik dan membangun. Tapi bukan berarti dia bisa kritik kamu sesuka hati. Apalagi kalau momennya nggak tepat, nggak semua orang suka dikritik, lho! Sahabat yang toxic nggak paham soal ini, mereka sering banget komenin hidup kamu tanpa mikirin gimana perasaanmu. Malah, kritik yang mereka lontarkan lebih sering menjatuhkan dibanding membangun. 

 

Sahabat “Bermuka Dua”

Udah jelas nggak enak banget sahabatan sama orang yang seperti ini. Selama ini, kamu pasti pernah punya teman bermuka dua atau mungkin malah sedang ngalamin tapi kamunya cuek aja. FYI Ladies, sahabat bermuka dua itu cuma bisa bicarain sahabat lain di depan kamu, dan suka ketahuan kalau mereka pernah berbicara hal negatif tentang kamu. So, kalo kamu punya sahabat seperti ini, udah tahu kan harus ngapain?

 

Cemburuan

Bukan cuma punya pacar yang cemburuan aja yang annoying. Sahabat yang yang cemburuan, suka ngambek kalau kamu main dengan lingkungan persahabatan yang berbeda. Nggak jarang dia suka nyindir kamu “Bukannya lebih senang main sama teman yang lain ya?”. Hmmm, nggak ada yang salah kok punya banyak sahabat. Kalo sahabat kamu bersikap cemburuan (terus-terusan) dan bikin persahabatan kali jadi toxic. Tugas kamu cuma jadi sahabat yang baik aja, nggak perlu ngerasa bersalah sama sikapnya. 

 

Kalau sahabat kamu punya kelima ciri di atas…advice buat kamu adalah pelan-pelan lepas dari hubungan toxic friendship kalian. Toxic friendship bisa ngerusak mental kamu, bikin kamu exhausted, dan stress. Kalau kamu lagi dalam masa healing gara-gara selama ini terjebak dengan toxic friendship, yuk luangin waktu buat me time

 

Siapin air panas, berendam dengan Lervia Sabun Susu sambil hirup aroma terapi dan dengerin musik klasik. Pasti kamu jadi lebih tenang dan rileks. Buat maksimal perawatan kamu, oleskan Lervia Lotion Susu ke seluruh tubuh ya, Ladies. Supaya kelembutan kulit kamu selalu terjaga. Cuma Lervia yang bisa lembutin kulit #GakPandangKulit!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *