Healthyzona

Keseruan 17 Agustus-an yang Pasti Kamu Kangenin di Masa New Normal Ini

Tanggal 17 Agustus nanti, Indonesia sudah memasuki usia yang ke-75, Gaes! Biasanya di tanggal ini semua masyarakat Indonesia ikut merayakan hari kemerdekaan dengan penuh suka cita. Sayangnya ada yang berbeda di hari kemerdekaan tahun ini. Akibat pandemi Covid-19, kita nggak bakal bisa memperingati hari kemerdekaan penuh suka cita. Karena masyarakat Indonesia dihimbau untuk physical distancing dan nggak boleh bikin acara yang dapat menimbulkan keramaian. 

Ngomongin soal hari kemerdekaan, ada momen-momen khas yang cuma terjadi saat 17 Agustusan. Momen-momen apa saja sih itu?

1. Upacara bendera dan Paskibraka 

Sudah pasti upacara bendera di tanggal 17 Agustus adalah kegiatan yang diwajibkan oleh pihak sekolah. Khusus untuk upacara bendera ini, sekolah biasanya memilih murid-murid khusus untuk menjadi petugas pengibar bendera yang dikenal dengan Paskibraka. Yang dipilih guru sebagai petugas Paskibra biasanya adalah murid yang punya postur tubuh tinggi. Hayo, siapa yang pernah jadi petugas Paskibra?

2. Lomba khas 17 Agustus-an

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang nggak kalah penting untuk memperingati hari kemerdekaan adalah dengan mengadakan lomba-lomba. Mulai dari lomba untuk anak-anak hingga lomba untuk orang dewasa. Lomba 17 Agustus-an ini biasanya diadakan di daerah komplek perumahan atau di sekolah usai upacara. Beberapa lomba yang pasti bakal ditemui antara lain lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, pukul air, dan masih banyak lagi. 

3. Karnaval dan gerak jalan

Nggak kalah penting saat 17 Agustus-an, pasti ada karnaval dan gerak jalan. Biasanya acara gerak jalan ini dilakukan saat weekend, pada hari Sabtu atau Minggu pagi. Kamu akan diminta membeli kupon gerak jalan yang akan diundi setelah acara gerak jalan selesai. Hadiah yang diundi ini bermacam-macam, mulai dari rice cooker sampai sepeda. 

Sedangkan karnaval adalah acara untuk mengenalkan kebudayaan bangsa Indonesia dan bagaimana pengorbanan pejuang jaman dulu kala merebut kemerdekaan. Di acara karnaval ini juga biasanya kamu bisa menemui atraksi sepeda hias hingga reog. Seru banget, ya!

4. Merah putih di seluruh penjuru tempat

Saat sudah mendekati tanggal 17 Agustus, biasanya hampir seluruh tempat di Indonesia dihiasi oleh atribut merah putih. Mulai dari gedung kantor, sekolah, jalan, tempat umum, hingga komplek pemukiman. Saat inilah suasana gotong royong dan kebersamaan begitu terasa. Para warga bekerja sama untuk menghias lingkungan agar menjadi lebih cantik dan semarak. Kalau di sekolah biasanya diadakan lomba menghias kelas. Kamu dan teman-teman akan gotong-royong mengubah dekorasi kelas jadi lebih meriah supaya makin betah belajar di sekolah. 

Rasanya pasti sedih dan bete kan tahun ini nggak bisa ikut seru-seruan rayakan 17 Agustus-an? Nggak bisa gerak jalan sama teman, atau ikut lomba seru di sekolah. Supaya nggak gloomy akibat gagal rayakan keseruan 17 Agustus-an, yuk mandi sambil berendam pakai sabun Harmony!

Sabun Harmony, sabun wangi sekali yang punya aroma buah yang menyegarkan. Mandi pakai sabun Harmony dijamin bikin #MoodJadiOK. Kamu bisa pilih varian sabun Harmony Apple Fuji & Melon Honeydew yang punya efek  #ImproveYourMood, varian Lemon Citrus & Orange Satsuma yang bisa #RefreshYourMood, atau varian sabun Harmony Strawberry Alpine & Grape Sparkling yang punya efek #RelaxYourMood. Anti gloomy day dan #MoodJadiOK seketika berkat sabun Harmony!