Healthyzona

Jauhi 5 Kriteria Toxic People Ini Kalo Kamu Mau Bangun Pertemanan Sehat di Sekolah

Dari sekian banyak teman bergaul di sekolah, pasti gak semuanya membawa pengaruh positif. Ada aja orang-orang toxic yang bisa membawa pengaruh buruk di lingkungan kamu. Kalau udah ketemu toxic people, ada baiknya kamu menjauh deh! Bisa dibilang toxic people ini adalah orang yang punya pribadi merugikan orang-orang di lingkungannya. Lalu, seperti apa sih ciri-ciri toxic people itu?

1. Ghosting, suka ngilang

Ghosting itu adalah situasi di mana seseorang memutuskan untuk menghilang, nggak mau komunikasi, dan memutus kontak dengan teman. Misalnya saja teman kamu sudah buat janji untuk ketemuan, bilangnya di chat sih datang. Tapi waktu hari-H ternyata malah gak ada kabar dan batal datang. Waktu dicoba hubungi lewat chat juga nggak dijawab. Kalau teman kamu suka gini, lebih baik perlahan menjauh ya. Nggak mau kan digantungin terus dan dibuat kecewa berkali-kali akibat nggak tepat janji?

2. Narsis, maunya jadi pusat perhatian

Narsis itu gak salah, tapi tetep jangan berlebihan sampai-sampai rela melakukan apa pun demi jadi pusat perhatian banyak orang. Entah itu dengan menyebarkan cerita bohong, pura-pura baik, hingga menebar kebencian hanya demi mendapat pujian dan perhatian. Ini mereka lakukan hanya untuk kepuasan diri sendiri, tapi bisa membawa dampak buruk di lingkungan pertemanan. 

3. Tukang kritik

Nggak ada salahnya kok mengkritik teman agar menjadi pribadi yang lebih baik. Tapi bukan berarti kamu bisa mengkritik teman sesuka hati, ya! Nggak semua orang suka dikritik, lho. Orang yang termasuk dalam golongan toxic people gak paham soal hal ini. Mereka suka mengomentari hidup orang lain sembarangan, gak peduli gimana perasaan teman yang dikritik. Seringnya, kritik yang disampaikan malah bisa menjatuhkan mental temannya. 

4. Suka menghasut, waspada ya!

Sifat negatif ini bisa menyebabkan perpecahan dalam lingkungan pertemanan. Biasanya toxic people dengan sifat ini suka menggiring opini orang-orang untuk sependapat dengannya. Atau dengan sengaja menceritakan sesuatu agar emosimu terpancing. Kalau sampai ketemu orang yang seperti ini, jauh-jauh deh ya!

5. Caper

Ini adalah salah satu toxic people yang paling banyak kamu temui di sekolah. Orang seperti ini suka cari perhatian, khususnya waktu bicara dengan orang lain. Mereka gak mau dong bicara bergantian, dan cenderung suka menyela pembicaraan orang. Tahu nggak sih kalau orang dengan perilaku seperti ini ternyata masuk dalam salah satu bentuk gangguan mental yang bernama histrionik?

Nah, itu tadi 5 kriteria toxic people yang bisa bikin pertemanan kamu nggak sehat. Kalau kamu udah terlanjur ketemu salah satu teman toxic yang bikin bete, coba deh begitu sampai rumah relaksasi dengan mandi pakai sabun Harmony. Sabun aroma buah ini bisa bikin #MoodJadiOK seketika. Pilih varian sabun Harmony Apple Fuji & Melon Honeydew ya untuk #ImproveYourMood!