Healthyzona

Agar Olahraga Aman di Era New Normal, Yuk Ikuti 5 Tips Ini!

Sekarang kita sudah memasuki era new normal, mau nggak mau kita harus hidup berdampingan dengan virus Covid-19. Oleh karena itu, kamu harus menjaga tubuh agar selalu fit dan sehat supaya terhindar dari virus dengan olahraga. Kamu bisa pilih olahraga di rumah, atau kalau bosan boleh juga kok sesekali olahraga outdoor. Pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah ya, Gaes!

Nah supaya aktivitas olahraga kamu tetap aman, yuk ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Pilih olahraga yang ringan

Kalo mau olahraga di rumah aja, kamu bisa coba beberapa jenis olahraga ringan seperti pop pilates, cardio dance, yoga, atau body workout. Nah buat penggemar K-pop, kamu juga bisa coba jenis olahraga K-pop dance workout yang memadukan musik K-pop dan gerakan kardio. Semua panduan olahraga ini bisa kamu dapatkan di Youtube, kok. 

Kalo bosan di rumah dan pengen olahraga outdoor, pilih olahraga mandiri yang nggak melibatkan banyak orang, seperti jogging atau bersepeda. 

2. Gunakan masker yang tidak bikin sesak

Karena aktivitas olahraga cukup intens dan membuat kamu sering ngos-ngosan, maka pilih masker dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara bagus. WHO menganjurkan untuk memakai masker kain karena pori-porinya lebih memungkinkan terjadinya pertukaran udara. Penggunaan masker hanya dibolehkan untuk jenis olahraga ringan seperti jalan cepat atau bersepeda santai, yang gak terlalu memacu jantung.

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan sebelum olahraga ini berfungsi untuk membuat otot-otot tubuh jadi lebih lentur dan mencegahmu cedera saat olahraga. Sementara pendinginan berfungsi untuk meregangkan otot agar tidak kaku, sehingga jadi lebih rileks setelah berolahraga. Kamu bisa melakukan pemanasan dan pendinginan antara 5 sampai 10 menit. 

4. Perhatikan durasi berolahraga

Semangat berolahraga itu bagus kok, tapi jangan sampai karena terlalu bersemangat kamu malah olahraga berlebihan ya! Menurut Pakar Kedokteran Olahraga UGM , Dr.dr. H. Zaenal Muttaqin Sofro, AIFM, olahraga itu nggak boleh dilakukan secara berlebihan. 

Olahraga dengan intensitas berlebih justru bikin kekebalan imun kamu menurun. Supaya sistem kekebalan tubuh tetap baik, kamu disarankan untuk olahraga 3 hingga 5 kali seminggu dengan durasi 30 sampai 35 menit saja. 

5. Membersihkan diri setelah olahraga

Mandi setelah olahraga bertujuan untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel akibat berkeringat. Para pakar menganjurkan untuk mandi 20 hingga 30 menit setelah olahraga. Supaya kamu merasa lebih bersih, fresh, dan #MoodJadiOK, mandinya pakai sabun Harmony ya! Ada 6 varian sabun Harmony yang bisa kamu pilih.

Kalau kamu pengen #ImproveYourMood setelah olahraga, bisa pilih varian buah Apple Fuji & Melon Honeydew dengan aroma manis. Kamu yang pengen #RefreshYourMood ada varian Lemon Citrus & Orange Satsuma dengan aroma yang menyegarkan. Nah kalau kamu pengen #RelaxYourMood, pilih varian sabun Harmony Strawberry Alpine & Grape Sparkling kemudian mandi dengan air hangat. Wah, pasti habis mandi bawaannya #MoodJadiOK deh Gaes!