Tetap Segar saat Puasa, Ini Tipsnya!

Menjalani ibadah puasa, tubuh tentu akan mengalami perubahan metabolisme. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar tubuh tetap sehat dan nggak merasa lemas selama menjalani puasa.

Lalu bagaimana cara agar terlihat tetap segar saat puasa? Apalagi ada saja tantangan selama menjalani ibadah puasa, berikut tipsnya:

Minum air putih yang banyak

Saat puasa kamu harus memiliki jadwal minum air putih yang baik. Hal ini dilakukan supaya badan tidak merasa lemas dan dehidrasi. Minumlah air putih minimal dua gelas setelah buka puasa, tiga gelas setelah tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas saat bangun sahur, serta satu gelas setelah sahur. Lebih banyak justru lebih baik.

Minum dan makan makanan manis saat berbuka

Minuman dan makanan yang manis bisa membantu mengembalikan kadar gula dalam darah kembali normal. Selain itu, kurma juga berfungsi untuk memulihkan energi yang hampir habis setelah beraktivitas selama puasa.

Konsumsi gula merah saat sahur

Gula merah atau gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Fungsinya, bisa membantumu terhindar dari anemia. Kamu bisa mengonsumsi gula merah secara langsung ataupun dicampurkan ke dalam air hangat.

Makan sayuran

Sayuran sangat baik untuk tubuh. Kamu akan mendapatkan energi lebih jika mengonsumsi sayuran yang cukup. Kuah sayuran juga sangat baik jika disajikan dalam keadaan hangat. Efeknya, tubuh akan terasa lebih segar dan sehat.

Tidur cukup selama puasa

Bulan puasa sering kali terasa singkat, soalnya jadwal biologis tubuh juga berubah, terutama pada malam hari. Jangan tidur terlalu malam, supaya bisa bangun sahur dengan segar.