Healthyzona

Jangan Bete Kelamaan, Ikuti Tips Ini biar #MoodJadiOK Lagi!

Sebuah penelitian dari Harvard University, menyebutkan bahwa merasa bete bisa bikin kamu jadi nggak produktif dan bahkan bisa memicu penyebab masalah kesehatan lainnya. Yup, jadi anak sekolah memang rawan bete, bisa karena tugas sekolah yang menumpuk, teman yang nyebelin, guru killer, sampai soal patah hati gara-gara gebetan.

Nah supaya perasaan bete ini nggak berlarut-larut dan kamu nggak gloomy seharian, coba deh lakukan 4 tips berikut ini. Dijamin bete hilang seketika!

1. Curhat di diary

Nulis diary mungkin terdengar kuno, tapi ini adalah salah satu cara yang cukup efektif mengusir rasa bete dengan cepat. Kamu bisa menuliskan semua hal-hal yang sudah bikin kesal, luapkan semua perasaanmu dalam bentuk tulisan. Curhat di diary nggak jauh beda kok dengan curhat ke orang lain, ada rasa lega setelah meluapkan semua kekesalan yang ada. Curhat kamu juga lebih terjaga kerahasiaannya, daripada saat curhat ke orang lain.

2. Baca buku atau nonton

Nonton film dan baca buku juga bisa jadi salah satu cara mengusir bete dengan cepat. Kamu bisa pilih film dengan tema komedi yang kocak abis, atau film dengan tema motivasi yang bisa bikin kamu terhibur sekaligus bersemangat. Kalau soal pilihan buku, sebaiknya kamu pilih buku-buku fiksi dengan tema fantasi yang seru, penuh kejutan, dan bisa bikin lupa kenyataan. Hindari nonton dan baca buku dengan sad ending, yang ada nanti malah bikin kamu jadi tambah gloomy.

3. Dengerin musik upbeat

Kalau lagi bete, coba deh dengerin musik yang upbeat! Hal ini sesuai dengan studi yang ditulis di Journal of Positive Psychology. Studi tersebut mengemukakan bahwa musik upbeat bisa memperbaiki mood dan meningkatkan perasaan bahagia. Biar lebih seru, kamu bisa dengerin musik upbeat sambil dancing, dijamin mood jelek kamu bisa langsung hilang. Mau coba?

4. Hangout bareng sahabat

Sahabat adalah sosok yang selalu ada saat suka dan duka. Jadi saat bete melanda, coba deh luangkan waktu untuk ketemu sahabatmu. Kamu bisa main ke rumahnya sambil belajar bareng sekaligus curhat tentang apa yang kamu rasakan. Menurut penelitian yang ditulis di beberapa artikel, bertemu sahabat bisa meningkatkan mood hingga 8%, lho!

Agar ketemuan nggak berisiko tertular Covid-19, tetap jaga jarak dengan sahabatmu ya. Jangan lupa juga untuk pakai masker dan bawa hand sanitizer. Kalau ketemuan langsung terlalu berisiko, kamu bisa juga kok curhat via video call-an.

5. Mandi pakai Sabun Harmony dan air hangat

Tips terakhir, mandi air hangat pakai sabun Harmony aja Gaes! Ini adalah salah satu cara terakhir yang mudah dan efektif bikin #MoodJadiOK. Perpaduan antara air hangat dan sabun Harmony ini bisa memberikan efek relaksasi untuk kamu. Air hangat membantu relaksasi pada otot penggerak tubuh, sementara varian sabun Harmony dengan aroma buah Strawberry Alpine & Grape Sparkling punya efek relaxing yang bisa bikin mood jadi lebih santuy. Bye bye, gloomy!