Healthyzona

Mau Jadi Gamer Bijak? Kamu Harus Disiplin Terapkan 5 Hal Ini!

Game emang bikin nagih! Makanya nggak heran kalau sudah asyik main game jadi lupa waktu dan nggak peduli dengan sekitar. Meski sudah disuruh berhenti oleh orang tua, kadang bisa saja lho kamu bohong dan lanjut main game sembunyi-sembunyi, bener nggak nih? 

Akhirnya hal inilah yang membuat orang tua dan banyak orang berasumsi negatif terhadap para gamer. Tentu kamu nggak mau dong dicap sebagai gamer yang nggak bisa bagi waktu? Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa mencoba menerapkan cara-cara berikut supaya bisa jadi gamer yang bijak.

1. Ingat kewajibanmu sebagai pelajar adalah belajar

Ingatlah kalau kamu adalah seorang pelajar, Gaes! Jadi, kewajiban utamamu adalah belajar. Tetaplah disiplin dengan waktu yang sudah ditetapkan. Misalnya saja pagi sampai siang adalah waktu untuk sekolah, siang hari untuk istirahat, dan sore hingga malam kamu harus mengulang pelajaran di rumah. Jadwal ini wajib kamu laksanakan setiap hari. Nanti jika memang ada waktu luang setelah kamu menyelesaikan semua PR dan aktivitas belajar, baru deh boleh main game. Lagi pula main game setelah kewajiban tuntas jauh lebih menyenangkan, kok!

2. Buat jam khusus untuk gaming

Banyak yang bilang kalau gamer sukses adalah gamer yang punya sikap disiplin. Oleh karena itu, kamu bisa menentukan sendiri jam-jam khusus dimana kamu bisa bermain. Misalnya saja pukul 20.00-21.00 WIB setelah mengerjakan tugas dan PR sekolah. Patuhi rule yang sudah dibuat ini dan jangan sampai kamu main di luar jam yang sudah diatur! 

Kalau kamu melanggar aturan yang sudah dibuat sendiri, coba deh buat sanksi. Misalnya saja karena kamu sudah melanggar, maka keesokan harinya kamu dilarang main game. Cobalah tegas dengan dirimu sendiri!

3. Jangan gampang tergiur ajakan mabar

Mabar bareng teman sekolah itu memang asyik dan lebih seru. Apalagi kalau kamu sudah punya grup chat khusus yang isinya daftar teman-teman game online. Biasanya sih jadi mudah tergiur ajakan teman yang suka ajak mabar sewaktu-waktu. Eits, jangan setiap ajakan mabar dari teman selalu diiyakan ya! 

Oleh karena itu, penting sekali untuk menentukan jadwal bermain khusus bersama. Coba deh beri pengertian pada teman kalau kamu memang punya jam khusus untuk bermain game. Sehingga mereka juga bisa menghargai waktu serta aturan kamu, dan nggak akan memaksa main luar jam tersebut. 

4. Jadikan main game sebagai reward

Nggak ada reward yang lebih membahagiakan selain reward untuk diri sendiri karena telah berhasil mencapai sesuatu. Bagi sebagian besar gamer, hadiah terbaik bukan beli hero atau skin baru, melainkan waktu untuk main game itu sendiri. 

Saat sedang ingin mencapai sesuatu, maka mantapkan tekad dalam diri “Kalau semua tugas, PR, dan ulangan selesai dengan nilai yang baik, maka aku akan memberi reward diri dengan main game 3 jam sehari tanpa berhenti pas hari libur.”

5. Jangan habiskan uang untuk beli atribut game

Sekarang banyak game yang mengharuskan para pemainnya untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fitur atau item tertentu, mulai dari diamond, hero, skin, dan lain-lain. Sesekali belanja untuk keperluan gaming boleh aja, asalkan jangan sampai kalap membeli berbagai fitur ini, ya! Daripada uangmu habis untuk membeli atribut game, sebaiknya kamu gunakan untuk kepentingan lainnya. 

Namanya permainan, pasti ada menang atau kalah. Jangan sampai kalah main game bikin kamu bete seharian ya, Gaes! Biar #MoodJadiOK lagi setelah main game, langsung aja mandi pakai Sabun Harmonysabun mandi wangi buah-buahan segar. Kamu bisa pilih varian sabun Harmony Apple Fuji & Melon Honeydew untuk #ImproveYourMood.