Healthyzona

Suka Beli Baju Secara Online? Tips Ini Cocok Untuk Kamu!

Belakangan tren belanja online lagi hype banget nih, Gaes! 

Gimana nggak? Situasi social distancing ini bikin kamu jadi apa-apa harus online, termasuk belanja. Selain dukungan situasi, belanja online tuh praktis banget. Apalagi kalo kamu belanja baju online, harganya bisa lebih murah daripada di store offline, lho!

Eits, tapi jangan keburu seneng dulu. Soalnya, kalo kamu gak pinter-pinter milih, bisa-bisa dapet baju yang gak sesuai ekspektasi. Kalo udah ngeluarin duit tapi barang yang didapat malah zonk, pasti ngeselin kan? So, biar kamu gak dapetin pengalaman seperti yang zonk, coba deh pake tips ini kalau lagi belanja baju online!

Pastiin ukuran yang kamu beli udah sesuai

Belanja baju online berarti kamu gak bisa coba baju yang kamu pengen. So, buat ngehindarin salah ukuran saat belanja, sebaiknya kamu cari tahu dulu ukuran badan kamu. Kamu bisa ngukur lingkar dada, panjang lengan, bahu, dan lain-lain. Mengetahui ukuran badanmu sendiri bisa mempermudah kamu dalam mencari ukuran baju yang paling pas dan nyaman dipakai. 

Cari tahu bahan baju

Banyak banget model baju yang cute di e-commerce. But, wait… sebelum kamu kalap masukin semua baju yang diinginkan ke keranjang belanja, cari tahu dulu bahan baju tersebut. Perhatikan tiap deskripsi baju yang kamu incar dan bahan apa yang digunakan untuk menjahit baju tersebut. Misalnya, di deskripsi baju tersebut tertulis polyester. Polyester itu bahan yang tipis, “jatuh”, tapi panas. Makanya, harga baju berbahan polyester cenderung murah. 

Periksa rincian produk yang dipaparkan oleh penjual

Selain gak bisa nyobain ukuran yang pas, belanja baju online juga bikin kamu gak bisa pegang bahan baju, Gaes. Kamu jadi gak bisa nentuin apakah bahan dan motif tersebut nyaman. Inilah pentingnya membaca deskripsi atau rincian produk yang udah dijelasin sama penjual. Biasanya, di deskripsi dituliskan rincian ukuran, bahan, sampai cara merawat. Nah, pastiin kamu udah baca baik-baik ya sebelum membeli!

Baca review pembeli lainnya

Baca review dari pembeli lain adalah salah satu cara buat tahu gimana kualitas produk yang kamu incar. Selain cari yang memuat review positif, kamu juga butuh review negatif buat ngebandingin kualitas barang yang sesungguhnya. Cari juga review jujur dari customer lain soal layanan, ukuran yang gak sesuai, sampe soal jahitan yang gak rapi.

Jangan ragu bertanya pada penjual

Udah baca description box sama review dari pembeli sebelumnya tapi masih ngerasa ada yang gak puas? Jangan ragu buat chat langsung ke penjual! 

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapin saat belanja baju secara online. Kuncinya, kamu harus teliti dan jeli demi dapetin baju yang sesuai keinginan. Happy Shopping!