Healthyzona

Ngeriii! Ini 5 Tanda Kamu Terjebak dalam Toxic Relationship

Yang namanya pacaran biasanya saling mencintai, menjaga, mendukung, dan bahagiain pasangan. Dua-duanya akan membantu pasangan berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Tapi, kadang ada juga loh atas nama “cinta” malah ada hubungan yang menyengsarakan dan berubah jadi toxic relationship. 

Toxic relationship adalah hubungan gak sehat yang merugikan diri sendiri dan pasangan. Lambat laun toxic relationship ini gak bakal bikin korban kian hari kian tertekan baik secara mental, fisik, dan finansial. Tanpa disadari sebetulnya banyak hal-hal yang masuk sebagai toxic relationship, apa aja?

1. Cemburu Berlebihan

Jangan percaya “cemburu adalah tanda sayang”. Karena tindakan dia yang mengatasnamakan cemburu seperti melarang kamu berinteraksi via telepon, chat, cek ponsel kamu setiap saat, nge-hack email kamu, sampai tahu semua password sosial media ini bukanlah tanda sayang. Tapi bentuk obsesi dan nggak percaya sama kamu. Bisa dibilang ini adalah bentuk dari kendali dan manipulasi yang dilakukan pasangan kamu. Supaya nggak berantem, kamu bakal nurut-nurut aja apa yang dia minta. Inilah ciri toxic relationship.

2. Suka Mengancam 

Pasangan kamu suka mengancam ketika terjadi kesalahan yang sederhana atau ada masalah yang sepele. Cara mengancam ini biasanya dengan mengancam hubungan secara keseluruhan. Misalnya saja “Aku nggak bisa pacaran sama cewek yang cuek sama aku”. Padahal seharusnya dalam hubungan yang normal, dia bisa saja mengatakan “Aku merasa kamu kok belakangan lebih cuek, kenapa?”. Ancaman ini sengaja diucapkan untuk membuat kamu ketakutan dan merasa tertekan. Ini adalah sebuah manipulasi yang toxic

3. Kamu Rela Mengubah Diri Sendiri untuk Dia

Hubungan itu terasa nyaman kalau kamu dan dia bersikap apa adanya. Nggak perlu ada yang ditutupi atau sampai mengubah diri hanya untuk menyenangkan dia. Di toxic relationship, kamu rela mengubah diri sendiri hanya untuk menyenangkannya. Kamu selalu memastikan untuk bersikap menyenangkan dan kamu adalah sosok terbaik untuknya. 

4. Suka Nyalahin Kamu Atas Mood-nya yang Jelek

Sebut saja si dia sedang menjalani hari yang buruk, mood-nya jadi jelek. Ia meminta perhatian ekstra padamu. Karena kamu yang nggak tau apa-apa maka bersikap biasa saja. Merasa nggak mendapatkan apa yang dia mau, kemudian ia menyalahkan bahwa mood-nya jadi jelek gara-gara kamu. Pokoknya semua hal seolah salah kamu!

5. Malas Komunikasi

Hubungan yang sehat itu punya komunikasi yang baik. Di mana kamu dan pasangan bakal membicarakan berbagai macam hal yang berhubungan soal hubungan dan dia. Tapi, kalau lagi diajak komunikasi untuk membahas masalah-masalah kalian berdua ini cenderung menolak, kemudian nyogok dengan tujuan mengalihkan pembicaraan. Hubungan kamu bisa berpotensi menjadi toxic relationship.

 

Kalau kamu sudah merasa kelima hal di atas ada dalam hubunganmu dan dia, sebaiknya segera menghindar atau mengakhiri hubungan tersebut. Nggak mau kan terus-terusan di manipulasi dan merasa nggak bahagia? 

Bangunlah hubungan yang lebih positif dan saling mendukung satu sama lain menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, untuk memulai hubungan yang positif, kamu harus punya mood yang positif juga dengan cara mandi pakai sabun Harmony. Sabun mandi wangi sekali ini punya 3 varian, Apple Fuji & Melon Honeydew, Lemon Citrus & Orange Satsuma, dan Harmony Strawberry Alpine & Grape Sparkling dengan aroma buah yang segar.  Mandi pakai sabun Harmony, #MoodJadiOk setiap hari.