Stop! Membandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

Sadar atau tidak, seringkali kamu membandingkan hidupmu dengan orang-orang di sekitar. Entah dengan temanmu di sekolah, kampus, bahkan lingkungan kerja.

Saat membuka media sosial pun kamu seringkali membandingkan hidupmu dengan mereka yang terlihat “wah” di media sosial. Tapi, jangan sampai kamu terfokus pada hal yang keliru dengan lebih memerhatikan kekurangan ketimbang kebaikan dirimu.

Sebab, hal tersebut bisa membuatmu menjadi putus asa dan sulit mengembangkan berbagai aspek kehidupanmu sendiri. Selain itu, membandingkan diri dengan orang lain juga cenderung membuat kamu kurang menghargai, bahkan sulit menerima diri sendiri.

Ada baiknya mulai sekarang kamu hentikan kebiasaan tersebut dan ubah cara pandangmu terhadap diri sendiri. Coba bangunlah kepercayaan diri dengan hal-hal berikut ini:

Menghargai apa yang kamu miliki

Fokuslah dengan apa yang kamu miliki. Dengan menumbuhkan rasa syukur atas apa yang kamu miliki, perhatianmu yang selama ini terarah kepada orang lain akan beralih kepada diri sendiri.

Percaya diri akan diri sendiri

Setiap manusia pada dasarnya diciptakan unik dengan kkelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena kamu adalah kamu, sebagaimana dirimu. Dengan selalu membandingkan hidupmu dengan orang lain, justru akan menjatuhkan diri sendiri.

Langkah awal untuk menciptakan prribadi yang baik adalah dengan cara menerima diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hidup lebih nyaman dan damai sebagai dirimu sendiri.

Kamu adalah pribadi yang istimewa

Percayalah setiap pribadi adalah luar biasa, begitu juga dengan kamu. Kamu juga bernilai istimewa dan berharga dengan yang lain.

Jadi, belajarlah untuk lebih mencintai dirimu sendiri di mulai dari sekarang. Karena kalau bukan dirimu sendiri, lantas siapa?