Healthyzona

Gaes, Jaga Selalu Daya Tahan Tubuh saat Puasa di Kala Pandemi Covid-19

Menjalani Ibadan puasa di tengah pademi Covid-19 membuat seluruh masyarakat harus melakukan aktivitas di rumah, beribadah di rumah, dan wajib jaga jarak saat ada keperluan mendesak harus keluar rumah.

Selain itu, salah satu hal yang dikhawatirkan bagi kamu yang menjalani ibadah puasa adalah daya tahan tubuh. Pasalnya, daya tahan tubuh berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi kuman, termasuk paparan virus.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap OKE saat puasa di tengah pandemic Covid-19 berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Cairan

Cara yang bisa kamu lakukan supaya tubuh nggak kekurangan energi, vitamin, dan mineral kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka.

Kamu bisa melengkapi menu sahur dan berbuka dengan makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan serat untuk melancarkan pencernaan.

Selain itu, perbanyak minum air putih, mulai dari berbuka sampai sebelum sahur, supaya tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.

Ingat ya gaes, kurangi konsumsi makanan dan minuma yang nggak sehat, seperti makanan cepat saji (fast food), gorengan, dan makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi juga mengonumsi makanan dan minuman manis atau berkafein, karena dapat memicu dehidrasi.

Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Buah dan sayur mampu menyediakan kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh. Usahakan selalu pilih  buah dan sayuran segar yang kaya akan nutrisi ketimbang buah dan sayuran beku atau kalengan.

Tetap Aktif Bergerak

Puasa selama pandemi Covid-19 bukan berarti kamu jadi malas bergerak. Upayakan kamu tetap bergerak supaya tubuh sehat. Jangan malas, lakukan olahraga ringan selama di rumah. Kamu bisa melakukan hal kecil seperti jalan kaki, naik turun tangga, atau melakukan gerakan peregangan sederhana.

 

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan di rumah untuk mejaga daya tahan tubuh tetap fit dan OKE selama puasa di tengah pandemi Covid-19. Semoga bisa menginspirasi ya Gaes dan selamat mencoba!