Healthyzona

Bukan Cuma Dikonsumsi, 5 Buah Ini Juga Bagus Untuk Perawatan Kulit

Siapa nih yang suka makan buah?

Kabar bagus nih buat kamu yang doyan makan buah, karena rajin makan buah bisa bikin kulit kamu sehat, mulus, dan glowing. Buah bisa bantu menutrisi kulit dari dalam, jadi hasil perawatan skincare lebih maksimal. Beberapa buah bahkan bisa kamu pakai untuk perawatan kulit, lho!

Apa saja sih buah yang bagus bikin kulit jadi lebih sehat sekaligus bagus untuk perawatan?

1. Jeruk

Jeruk punya kandungan vitamin C tinggi. Makan jeruk setiap hari sudah bisa bantu penuhi asupan vitamin C harian kamu. Kandungan vitamin C dalam jeruk juga bisa memicu kulit memicu regenerasi sel kulit sehingga kulit terlihat cerah dan muda.

Kalau lagi makan jeruk, kulitnya jangan dibuang ya! Kulit jeruk bisa bantu bersihkan sisa-sisa kulit mati dan kotoran yang menempel. Caranya, basahi kulit jeruk dan oleskan pada body scrub, kemudian gosok pada kulit. Rasain deh, kulit kamu bakal terasa lebih lembut.

2. Lemon

Punya bekas jerawat atau warna kulit nggak rata? Buah lemon bisa jadi agen bleaching yang bisa bantu cerahkan kulit wajah secara alami. Vitamin C dalam lemon dapat membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi. 

Kamu bisa minum air lemon setiap pagi sebelum makan untuk bersihkan toksin. Atau, campurkan satu sendok lemon dan susu untuk dioles di bawah kantung mata yang menghitam.

3. Stroberi

Kamu punya jenis kulit mudah berjerawat? Kamu bisa rutin makan buah stroberi atau mengoles buah stroberi di wajah untuk meredakan jerawat membandel. Stroberi kaya akan vitamin C dan salicylic acid (kandungan dalam produk skincare untuk menyembuhkan jerawat). Stroberi juga mengandung ellagic acid yang menjaga kadar kolagen agar kamu tampak awet muda.

4. Apel Fuji

An apple a day keeps the doctor away! Dengan kandungan vitamin A, C, serat, potasium, kalsium, dan magnesium, buah apel bisa mencegah radikal bebas penyebab kerusakan kulit dan memperkaya tubuh dengan antioksidan sehingga kulit kamu tampak lebih sehat. Konsumsi apel setiap hari atau gunakan masker apel dua kali seminggu. Caranya, gosok apel yang sudah diparut ke bagian wajah dan biarkan selama 10-20 menit.

5. Anggur

Banyak penelitian menyebutkan kalau anggur kaya kandungan resveratrol yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV dan kanker kulit! Ekstrak biji anggur dengan kandungan vitamin C, K, folat, kalsium, potasium, dan fosfor juga bisa menghilangkan flek dan mencerahkan kulit. Potong buah anggur jadi 2 bagian, kemudian oleskan di wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 30 menit sebelum dibilas. 

Selain merawat kulit dengan kelima buah di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan harian kulit dengan mandi pakai sabun Harmony. Sabun aroma buah ini gak cuma bisa bikin kulit bersih dan sehat, tapi juga bisa bikin #MoodJadiOK. Apalagi sabun Harmony punya varian yang sama seperti super fruit tersebut, yaitu Apple Fuji, Melon Honeydew, Lemon Citrus, Orange Satsuma, Strawberry Alpine, dan Grape. Kulit sehat dan #MoodJadiOK berkat sabun Harmony!