Healthyzona

Jangan Diam! 5 Hal ini Bisa Kamu Lakukan untuk Lawan Pelaku Bullying

Buat kamu yang pernah dibully atau melihat korban bully pasti sedih rasanya.

Bullying beragam caranya, bisa melalui perilaku kekerasan maupun perkataan yang kasar. Tapi menjadi pelaku bully itu sama sekali nggak keren ya, Friends.

Kamu sebagai korban pun nggak boleh diam saja, kamu harus berani mengambil tindakan supaya kejadian bullying nggak terjadi terus menerus.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Mempertahankan Diri

Lakukan usaha untuk mempertahankan diri. Itulah mengapa latihan bela diri menjadi hal penting. Kamu nggak perlu menyerang, tapi usahakan dengan maksimal agar dirimu terlindungi. Jika benar-benar teracam, kamu bisa ambil tindakan dengan berlari.

Kenali Orang yang Melakukan Bullying

Saat menjadi korban bullying atau melihat kejadian teman di-bully, kenali siapa pelakunya. Lihat pakaian yang dikenakan dan perhatikan cirri atau identitasnya lainnya.

Hal ini pentig untuk kamu saat akan melaporkan kejadian perundungan tersebut pada pihak yang berwajib.

Berani Bercerita

Ini hal yang sangat penting! Jangan takut untuk bercerita saat kamu di-bully atau melihat kejadian bullying. Justru dengan bercerita kamu jadi bisa mencari dan memiliki perlindungan.

Jangan Balas Dendam

Jangan lakukan niat untuk membalas rasa dendammu saat kamu merasa di-bully. Sebab, dengan kamu membalas amarahmu justru perundungan ini ggak akan berenti terjadi. Jangan melakukan hal yang sama pada pelaku bully karena mereka akan jera ketika ada hukuman dari orang dewasa, bukan karena kamu balas dendam.

Lapor Pihak Berwenang

Jika kejadian bullying semakin parah, kamu bisa segera melaporkan ke pihak yang berwenang. Kalau bullying terjadi di sekolah, maka kamu bisa laporkan tindakan tersebut ke guru. Tentunya memberikan laporan dengan bukti-bukti yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Nah Friends, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyikapi tindakan bullying. Jangan takut untuk bertindak, karena yang seharusnya takut adalah mereka yang melakukan perbuatan tidak baik tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *