Healthyzona

Nggak Usah Pusingin PSBB, Lebih Baik Ikuti Gaya Hidup Sehat Ala Korea Aja

Beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta kembali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Ini sesuai dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dimana pelaksanaan PSBB ini berlangsung hingga 11 Oktober 2020.

Wajar dong kalau banyak masyarakat iri melihat negara-negara lain yang justru sekarang sudah mulai kembali beraktivitas normal tanpa adanya PSBB. Salah satu negara yang sudah mulai aktif dengan kehidupan normalnya adalah Korea Selatan. Bukan tanpa sebab loh Korea Selatan sudah mulai bisa kembali beraktivitas normal. 

Ini berkat penanganan kasus COVID-19 yang cepat, didukung oleh masyarakat yang konsisten menerapkan pola hidup sehat. Di Korea, masyarakatnya gak cuma terobsesi dengan kecantikan, tapi juga gaya hidup sehat, Gaes!

Apa aja sih gaya hidup sehat yang diterapin cewek-cewek Korea? Contek, yuk!

1. Gak pernah absen olahraga dan suka jalan kaki

Mirip di Jepang, orang Korea punya kebiasaan jalan kaki. Mereka lebih suka jalan kaki ke berbagai sarana transportasi umum. Selain itu, mereka juga tau pentingnya olahraga, jadi gak ada tuh ceritanya absen olahraga. Cewek Korea selalu menyempatkan waktu untuk olahraga setiap hari. Olahraga ini bisa berupa olahraga sederhana yang bisa dilakukan di apartemen atau pekarangan rumah. 

2. Masak makanan sendiri 

Cewek Korea juga lebih suka masak makanan sendiri. Kalau kamu lihat jenis makan orang Korea relatif sederhana. Cara mengolahnya cuma direbus, dikukus, atau dipanggang. Mereka juga menghindari masakan olahan. Inilah yang membuat mereka lebih sehat dan kulitnya juga glowing. Satu lagi, orang Korea suka makan sayuran dalam jumlah banyak. Sayuran sudah jadi makanan pendamping yang harus selalu ada. 

3. Mendekorasi ulang ruangan sekaligus detox

Detox rumah, kebiasaan ini kedengaran sepele. Tapi tau gak sih kalau aktivitas detox rumah ini justru bagus untuk kesehatan mental dan raga. Aktivitas membersihkan ruangan bisa jadi pengganti olahraga. Menurut jurnal ilmiah Personality and Social Psychology Bulletin, kegiatan bersih-bersih ini bisa menurunkan hormon stress dan kortisol pada wanita. Coba deh kalau kamu lagi stres, dekorasi ulang ruangan sekaligus bersih-bersih. Dijamin stresnya langsung hilang!

4. Menjaga kebersihan kulit dan tubuh secara rutin dengan sabun

Cewek Korea peduli banget sama penampilan, mereka rajin jaga kebersihan kulit dan tubuh. Kamu juga bisa ikutin rutinitas yang satu ini dengan mandi pakai sabun Harmony. Cukup mandi pakai sabun Harmony selama 10 menit atau kurang untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bersih. Kamu juga dianjurkan mandi pakai air dingin agar warna kulit tampak lebih merata. Mandi pakai sabun Harmony gak cuma bikin kulit jadi bersih, tapi juga #MoodJadiOK!