Healthyzona

Yuk, Cobain 7 Rekomendasi Makanan Sehat selama New Normal!

Di tengah masa pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai ini, kita dapat angin segar soal vaksinasi COVID-19 yang sudah dimulai. Menurut pemerintah, butuh waktu 15 bulan buat vaksinasi seluruh penduduk Indonesia. Sementara aktivitas new normal udah mulai aktif lagi. 

Makanya penting banget buat ngejaga kondisi tubuh tetap fit dan imun stabil. Kamu kudu matuhin protokol kesehatan, olahraga, berjemur, dan gak kalah penting belajar konsumsi makanan sehat. Apa aja makanan sehat yang kudu kamu konsumsi? Nih, rekomendasinya!

 

  • Kamu butuh protein 

 

FYI, selain dikenal sebagai pondasi tubuh, protein juga memungkinkan produksi antibodi yang dibutuhin buat melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. Kamu bisa dapetin protein dari ikan, unggas, daging tanpa lemak, kedelai, dan produk susu rendah lemak. 

 

  • Sayuran 

 

Jangan bosen kalo disaranin buat banyak-banyak makan sayur. Soalnya para ahli nyaranin kamu buat konsumsi sayur sebanyak-banyaknya saat new normal. Pilihan sayur yang bisa kamu konsumsi seperti kangkung, bayam, salad sayur, brokoli, kubis brussels, kembang kol, dan pakcoy. Sayuran ini banyak kandungan senyawa bioaktif dan serat yang dibutuhin ama tubuh kamu, Gaes!

 

  • Buah

 

Sayur nggak bisa lepas dari buah! Buah kaya kandungan vitamin dan mineral yang baik buat kesehatan kamu. Para ahli nyaranin buat konsumsi buat jenis beri soalnya kaya akan polifenol dan flavonoid, yang dikenal bisa nurunin stress oksidatif penyebab berbagai macam penyakit. Jenis buah beri yang bisa kamu konsumsi termasuk blueberry, cranberry, huckleberry, raspberry dan ceri. 

 

  • Makanan mengandung prebiotik 

 

Probiotik dan prebiotik adalah jenis makanan yang penting buat kesehatan usus kamu. Sistem pencernaan punya peran penting lho buat ngedukung fungsi kekebalan tubuh! Probiotik atau bakteri baik berguna buat jaga kesehatan sistem pencernaan dan bantu ngelawan flu. Makanan yang kaya probiotik contohnya yogurt. Kamu bisa mix yogurt pake salad atau dimakan buat camilan. 

 

  • Bawang putih 

 

Bahan bumbu dapur ini ternyata termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi, Gaes! Di dalam bawang putih terkandung zat allicin yang fungsinya menjaga sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi sel darah putih. Bukan cuma itu, bawang putih juga punya sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa ngelawan bakteri, virus, parasit, dan minimalisir peradangan. 

 

  • Kacang dan biji-bijian

 

Kacang-kacangan dan biji-bijian nggak cuma mengandung protein dan serat tinggi tapi juga kaya vitamin-mineral seperti magnesium dan vitamin E. Contoh jenis kacang-kacangan dan bijian yang bisa kamu konsumsi seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, chia seed, biji labu, dan biji wijen.

 

  • Ikan dan makanan laut

 

Makanan laut seperti ikan adalah pilihan makanan sehat yang kaya lemak omega-3 dan yodium. Peneliti nunjukin kalo orang sering makan ikan laut cenderung panjang umur dan beresiko lebih rendah terhadap banyak penyakit. 

Pastiin makanan sehat ini ada di daftar menu makanmu tiap hari ya, Gaes! Selain konsumsi makanan di atas, kamu juga kudu nerapin protokol kesehatan yang tepat. Jangan lupa pakai masker tiap keluar rumah, rajin cuci tangan, dan mandi pakai Sabun Buah Harmony abis aktivitas outdoor. Mandi pakai Sabun Buah Harmony nggak cuma bikin badan bersih, tapi juga wangi. Habis capek aktivitas #MoodJadiOK, waktu istirahat di rumah jadi maksimal!