Healthyzona

Penting, Ini Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental!

kesehatan mental

Menjaga kesehatan tentu menjadi kewajiban setiap orang atas dirinya sendiri. Tapi, nggak cuma kesehatan fisik aja yang harus dijaga, kesehatan mental juga penting dan punya peran yang besar dalam kehidupan.

Mental yang sehat membuatmu mampu mengendalikan emosi dan perasaan untuk menjalani setiap kesulitan yang dihadapi. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berikut ini cara sederhana yang bisa kamu coba untuk menjaga kesehatan mental mu. Let’s check it out!

Menghargai diri sendiri

Menghargai diri sendiri adalah bentuk kepedulian dan cinta pada diri sendiri yang sekaligus dapat menjaga kesehatan mental. Membiasakan diri untuk selalu berkata positif dan memperlakukan diri sendiri dengan baik akan memberikan manfaat yang baik pula untuk kesehatan, termasuk menjaga suasana hati.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghargai diri sendiri seperti melakukan kegiatan yang kamu suka, mengeluarkan kata-kata positif pada diri sendiri, memberikan reward atas pencapaian yang kamu dapatkan, me-time, melihat diri sendiri dengan sisi yang positif dan selalu bersyukur. Cara-cara sederhana ini membantumu lebih percaya diri dan menghargai diri sendiri. So, stop membandingkan diri dengan orang lain atau terlalu menyalahkan diri sendiri, karena itu hal yang nggak baik buat dilakukan dan pastinya nggak baik juga untuk kesehatan mental.

Sayangi tubuh sendiri

Ketika sudah menghargai diri sendiri, secara nggak langsung kamu juga akan menyayangi tubuhmu sendiri. Cara merawat tubuh yang baik adalah dengan tidur cukup, penuhi asupan makanan yang bergizi dan seimbang, serta rutin berolahraga. Dengan cara tersebut tentu akan memberikan dampak baik pada kesehatan fisik dan mental. Sebaiknya hindari juga kebiasaan-kebiasaan yang buruk yang dapat menyakiti tubuh sendiri, seperti begadang, telat makan, merokok, mengonsumsi alkohol dan menggunakan obat-obatan terlarang.

Bangun kesadaran dan fokus

Baca Juga :   Bikin Sarapan Anti Ribet Ini sebelum Sekolah Online, Yuk!

Membangun kesadaran dan fokus pada satu tujuan mampu melepas emosi negatif yang pada diri sendiri. Ketika kamu menaruh fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan saat ini, maka kamu akan terbebas dari beban masa lalu atau rasa khawatir berlebih pada suatu hal yang belum tentu terjadi. Untuk itu mulailah membangun kesadaran dan fokus termasuk pada hal-hal sederhana seperti rajin mandi dan sarapan dengan teratur.

Mempelajari keterampilan baru

Mempelajari keterampilan baru nggak cuma menambah wawasan dan keahlian kamu, tapi juga menambah peluang untuk mendapatkan koneksi baru dan bisa meningkatkan kesehatan mental kamu. Ketika kamu menemukan ilmu dan pengetahuan baru, maka secara otomatis rasa percaya diri jadi meningkat. Mempelajari hal baru memang nggak semudah yang dibayangkan, selain butuh niat dan konsistensi dalam menerapkannya, mempelajari hal baru tentu akan menguras kesabaran, namun jika kamu tertarik untuk menemukan sesuatu hal yang baru dan menjalaninya, kamu akan semakin menikmati prosesnya. Tentu saja proses yang kamu nikmati dalam mempelajari hal baru tersebut memberikan kesejahteraan pada kesehatan mentalmu.

Konsumsi makanan bergizi dan seimbang

Pola makan yang baik akan memberikan dampak baik pada kesehatan mental, sebab ketika asupan nutrisi tubuh tercukupi maka hormon yang membuat suasana hati menjadi baik akan meningkat. Pastikan untuk mengonsumsi menu makan yang sehat dan pola makan yang baik. Seperti mengonsumsi makanan tinggi serat, mengandung protein, lemak sehat, rendah kalori dan porsi yang pas.

Istirahat

Baca Juga :   5 Video Game Terbaik yang Wajib Kamu Mainin di Bulan Desember

Terlalu memaksakan diri memang nggak baik untuk kesehatan fisik dan mental karena dapat menimbulkan tekanan yang dapat membuat suasana hati menjadi buruk. Wajar bila sesekali kamu akan merasa lelah dengan hal yang kamu kerjakan dan terasa membebani pikiran, namun kamu nggak harus menyerah, melainkan butuh waktu untuk istirahat. Mengistirahatkan diri baik secara fisik dan mental perlu dilakukan. Cobalah untuk memberi jeda menarik nafas dan berbaring sementara. Setelahnya, kamu akan merasa lebih siap untuk melanjutkan aktivitas dengan mental yang lebih kuat.

Tidur tepat waktu

Tidur yang berkualitas akan menjaga kesehatan mental, itulah sebabnya kamu disarankan untuk tidur tepat waktu. Kurang tidur akan menimbulkan efek negatif bagi tubuh, seperti lemas, rentan terkena penyakit, tidak fokus dan memicu suasana hati yang buruk. Ketika suasana hati sedang buruk, tentu ini akan mempengaruhi kesehatan mental. Cobalah untuk tidur teratur di bawah jam 10 malam dan bangun jam 5 pagi secara berulang hingga kamu terbiasa. Dengan membangun kebiasaan baik dan menghindari konsumsi kafein berlebih serta bermain gadget sebelum waktu tidur akan membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas dan memberikan dampak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Jalin hubungan baik dengan orang lain

Menjalin hubungan baik dengan orang lain menjadi cara sederhana untuk menjaga kesehatan mental, sebab orang dengan hubungan sosial yang baik terbukti lebih mudah mengontrol emosi dan mengatasi stres sehingga kesehatan fisik dan mental akan terjaga. Hubungan yang baik dengan orang lain akan meningkatkan harga diri, menambah pengalaman dan pengetahuan yang baik serta saling memberi dukungan emosional. Cobalah untuk membuka diri dan bergaul dengan meluangkan waktu bersama teman atau keluarga dan mengikuti berbagai kegiatan positif untuk menambah pengalaman baru, atau bisa juga dengan mengikuti komunitas yang berpeluang untuk bertemu dan berteman dengan orang-orang baru.

 

Bantu orang lain

Baca Juga :   Stop! Membandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

Sebenarnya membantu orang lain adalah kegiatan untuk membantu diri sendiri, sebab nggak cuma berdampak baik pada orang yang kamu bantu, melainkan bermanfaat juga untuk diri sendiri, salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan mental. Ketika kamu membantu orang lain, maka positive vibes pada dirimu akan meningkat dan akan muncul rasa menghargai diri sendiri yang membuatmu merasa lebih baik dan berguna dalam hidup. Kegiatan positif ini juga memberimu kesempatan untuk mengenal orang baru dan meningkatkan rasa syukur yang berujung pada kesehatan mental.

Terbukalah pada orang lain

Penting untuk mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain, karena dengan begitu kamu jadi bisa berpikir lebih positif dan mengenal diri dengan baik. Terbuka pada orang lain akan membuatmu berpikir dari sudut pandang yang berbeda dan membuka wawasanmu, sehingga kamu bisa mengontrol emosi dengan baik. Selain itu terbuka pada orang lain membuatmu lebih mudah untuk bergaul dan menambah teman, lho!

Pentingnya menjaga kesehatan mental perlu kamu tanamkan mulai dari sekarang, sebab kesehatan fisik saja nggak cukup untuk kesejahteraan hidup. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? So, jangan diabaikan dan tingkatkan kepedulian untuk menjaga kesehatan mental ya, Gaes!