Healthyzona

Terapkan 5 Hal Ini Biar Nggak Sering Lupa

5 Hal Ini Biar Nggak Sering Lupa

Lupa nggak cuma dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga dialami oleh anak muda. Sering kali kita merasa kesal saat lupa mengerjakan tugas sekolah atau kuliah, pekerjaan kantor, bahkan janji kepada orang lain. Tentu kondisi seperti ini juga akan merugikan orang lain. Untuk mengatasinya, jangan ragu menerapkan cara berikut ini untuk mencegah lupa dan melatih ingatan agar lebih tajam.

 

1. Buat Catatan di Buku Harian atau Pasang Alarm di Ponsel

Cara paling sederhana dan ampuh untuk mengatasi lupa adalah dengan membuat catatan. Menulis tangan tentu lebih dianjurkan, karena mampu meningkatkan fungsi kognitif otak dan mempertajam ingatan. Ketika menulis catatan pekerjaan dan tugas yang harus diselesaikan atau janji pertemuan dengan teman, kita akan lebih ingat apa yang harus dilakukan lebih dulu sesuai dengan daftar catatan yang sebelumnya dibuat.

Kamu bisa membuat catatan tugas sekolah dan pekerjaan pada buku harian atau sticky note setiap pagi hari atau malam hari sebelum tidur, setelah itu kamu hanya perlu mengeksekusinya. Namun, di era yang serba digital ini, ada cara yang lebih mudah yang bisa dilakukan agar terhindar dari lupa, yaitu menggunakan alarm atau aplikasi pengingat yang ada di ponsel. Dengan memasang alarm untuk setiap jadwal pekerjaan yang akan dikerjakan, akan membantumu melakukannya dengan lebih terorganisir.

 

2. Olahraga rutin

Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit pikun atau demensia. Olahraga rutin mampu melancarkan aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

Olahraga yang diterapkan nggak perlu yang berat, cukup dengan olahraga yang sederhana namun konsisten dilakukan seperti senam aerobik, berjalan kaki, bersepeda atau berenang yang bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu. Jika masih dirasa nggak punya waktu, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk meregangkan otot-otot tubuh saat berada di sekolah, kantor atau saat diperjalanan menuju suatu tempat.

 

Baca Juga :   Kepoin Yuk 4 Fakta Seru dari Film ‘The Lion King’  Versi Live Action

3. Istirahat yang cukup

Setelah melakukan berbagai aktivitas yang mengasah otak dan menguras tenaga, hal yang perlu dilakukan adalah mengistirahatkannya agar dapat berfungsi kembali dengan normal. Istirahat yang cukup dengan tidur teratur 7-9 jam dalam sehari akan memberikan istirahat yang berkualitas, sehingga tubuh dan pikiran akan lebih rileks dan sistem kerja otak akan semakin membaik. Dengan begitu kamu akan lebih fokus dan mempertajam kemampuan mengingat.

 

4. Sering membaca

Membaca mempunyai banyak manfaat dan bisa dirasakan oleh siapapun baik anak-anak hingga dewasa sekalipun. Meskipun kerap dianggap kegiatan yang membosankan, namun membaca dapat melatih otak untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan kemampuan konsentrasi hingga menurunkan resiko stres dan depresi. Bukan rahasia lagi kalau nggak semua orang suka membaca. Padahal membaca juga bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan menjadi hiburan yang murah. Nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk membaca meskipun hanya 15 menit dalam sehari.

 

Baca Juga :   5 Hal yang Cuma Bisa Dilakukan Anak Pramuka. Udah Pernah Coba?

5. Makan makanan bergizi

Memenuhi asupan gizi juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat. Asupan gizi yang tercukupi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh termasuk fungsi otak. Pastikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi kaya akan protein, zat besi, mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mencukupi kebutuhan gizi dengan mengonsumsi vitamin B12 yang terdapat pada ikan, daging sapi, daging ayam, susu, yogurt, telur serta kandungan oksidan yang bisa didapatkan pada sayuran hijau dan buah-buahan bikin kamu nggak gampang lupa.

Itulah 5 hal yang bisa kamu terapkan untuk melatih diri agar terhindar dari kebiasaan lupa. Selamat mencoba, ya. Jika merasa sering lupa atau level lupa kamu dirasa sudah berlebihan, jangan disepelekan, segera konsultasikan ke dokter yang ahli untuk segera ditangani.